Temuan Peradaban Islam yang Mengubah Dunia

Rabu , 05 Oct 2022, 21:21 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Kopi (ilustrasi)
Kopi (ilustrasi)

Aljabar

 

Terkait

Aljabar merupakan salah satu sumbangan besar dari zaman keemasan Islam bagi era modern. Ilmu ini lahir dari seorang ilmuwan besar dan ahli matematika, Muhammad bin Musa al Khawarizmi. Dia adalah cendekiawan Muslim yang hidup pada 780 M-850 M di Persia dan Irak.

Dalam kitab monumentalnya, Al Kitab Al Mukhtasar Fi Hisab Al Jabr Wa I Muqabala, al Khawarizmi menuliskan prinsip-prinsip dasar rumus aljabar. Ia menjelaskan cara menggunakan rumus aljabar dengan variabel yang tidak diketahui untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari seperti menghitung zakat, pembagian warisan dan sebagainya.

Sisi unik dari pemikiran al Khawarizmi untuk mengembangkan aljabar adalah keinginannya untuk melahirkan cara menghitung sesuai tuntunan syariat Islam sehingga mempermudah untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari tanpa harus menggunakan kalkulator atau pun komputer.

Di Eropa, kitab karya al Khawarizimi telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada sekitar 1000 M dan 1100 M, dengan nama Algoritmi. Jika al Khawarizmi tak menciptakan aljabar, tentu tak mungkin ada penerapan rumus-rumus praktis di era modern dalam pembelajaran matematika. Sepeninggal al Khawarizmi, karya-karyanya  terus digunakan sebagai referensi pelajaran matematika di berbagai universitas di Eropa selama ratusan tahun.