Sejak Awal, Isu Pendidikan Jadi Fokus Peradaban Islam

Rabu , 05 Oct 2022, 20:50 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Manuskrip Timbuktu, warisan peradaban Islam yang terancam punah (ilustrasi).
Manuskrip Timbuktu, warisan peradaban Islam yang terancam punah (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, Dari awal kelahiran Islam, isu pendidikan telah menjadi fokus utama. Bahkan, firman Allah SWT pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yaitu, "bacalah".

 

Terkait

Rasulullah SAW pernah menyatakan, "Mencari ilmu adalah wajib bagi semua umat Islam." Perintah seperti ini menunjukkan, umat Islam telah ditekankan agar mengutamakan pendidikan. Sepanjang sejarah Islam, pendidikan menjadi  titik kebanggaan kaum Muslimin. Berkat pendidikan pula, umat Islam berhasil menapaki keunggulan di berbagai bidang.

Baca Juga

Sejarah mencatat, di masa kejayaan Islam, kaum Muslimin berhasil membangun perpustakaan besar dan pusat pembelajaran di beberapa tempat, seperti Baghdad, Kordoba, dan Kairo. Umat Islam juga memelopori berdirinya sekolah dasar hingga universitas. Tercatat pula dengan tinta emas, umat Islam membuat pencapaian gemilang di berbagai bidang ilmu pengetahuan yang masih dipakai hingga saat ini.

Terkait pendidikan, umat Islam sejak abad pertengahan telah meyakini bahwa para pendidik harus mempertimbangkan faktor emosional, sosial, dan kesejahteraan para siswa. Pada abad ke-12 seorang dokter Muslim al-Shayzari menulis dan meneliti tentang cara mendidik dan memperlakukan siswa. Dia menyatakan, para murid tidak bisa diperlakukan secara kasar atau dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang tidak menguntungkan bagi mereka.

Sementara, cendekiawan Muslim terkemuka al Ghazali mengatakan, melarang anak bermain dan memaksanya untuk belajar justru akan mematikan hatinya, menumpulkan ketajaman kecerdasannya, dan membebani hidupnya.

''Akibatnya, ia akan mencari cara apa pun untuk lari dari kewajiban belajarnya,'' katanya.