Wapres Minta Perhimpunan Saudagar Perkuat Keuangan Syariah

Selasa , 11 Oct 2022, 18:10 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Wapres Maruf Amin
Wapres Maruf Amin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia (Persami) terus berpartisipasi aktif dalam memperkuat keuangan syariah di Indonesia.

 

Terkait

"Saya harap Persami terus menghidupkan semangat kewirausahaan di Indonesia, utamanya di kalangan pemuda," kata Ma'rufAmin dalam sambutannya pada acara Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional Persamidi Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga

Dengan perubahan pola pikir di kalangan pemuda, kata Ma'ruf Amin, diharapkan dapat menumbuhkan minat generasi muda untuk menjadi pengusaha sukses dan inovatif serta menjadi generasi penerus di masa depan.

Dia juga mengimbau agar Persami dapat menggerakkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia agar dapat menembus pasar global, salah satunya dengan percepatan sertifikasi halal untuk setiap produk.

"Saya meminta Persami untuk aktif mendorong akselerasi sertifikasi halal, utamanya bagi produk pangan halal yang dihasilkan UMKM," kata Ma'ruf.

Dia pun menekankan pentingnya literasi tentang gaya hidup halal kepada masyarakat, di mana Persami dapat memberikan contoh kepada masyarakat dalam menggunakan produk-produk halal buatan dalam negeri, khususnya produk UMKM.

Wapres juga mengingatkan pentingnya inklusifitas antara pelaku industri besar dan UMKM, sebab keduanya merupakan rantai yang saling berkaitan dan saling menguatkan.

"Pemberdayaan ekonomi umat seyogianya dibangun dengan prinsip keseimbangan, menguatkan yang lemah tanpa melemahkan yang kuat. Pemulihan ekonomi nasional yang tengah kita upayakan seyogianya dilakukan secara inklusif, mencakup penguatan kemitraan dengan UMKM, sehingga UMKM kita bangkit lebih kuat, semakin kompetitif, dan berkembang di pasar yang lebih luas," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persami Siti Nur Azizah melaporkan program-program yang dimiliki organisasi tersebut. Selain pendampingan terhadap pelaku UMKM, Persami juga memberikan literasi kepada masyarakat tentang gaya hidup halal.

Putri keempat Ma'rufAmin itu pun menyatakan kesiapan Persamimembantu Pemerintah dalam memajukan sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. "Persami siap bekerja sama dengan Pemerintah dan siap menerima arahan agar semangat Go Halal Go Globalbisa terwujud. Persami siap bahu-membahu mencapai misi tersebut dan berharap dapat melakukan pergerakan ekonomi berbasis sistem halal sebagai salah satu metode dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem di Indonesia," kata Siti.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini