Agar Jadi Pemimpin Global, Indonesia Perlu Tingkatkan Jumlah Industri Produk Halal

Rabu , 12 Oct 2022, 19:35 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Pengunjung melihat pakaian di zona busana muslim Thamrin City, Jakarta, Ahad (17/4/2022).Agar Jadi Pemimpin Global, Indonesia Perlu Tingkatkan Jumlah Industri Produk Halal
Pengunjung melihat pakaian di zona busana muslim Thamrin City, Jakarta, Ahad (17/4/2022).Agar Jadi Pemimpin Global, Indonesia Perlu Tingkatkan Jumlah Industri Produk Halal

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) Yusuf Wibisono mengatakan Indonesia masih perlu meningkatkan jumlah industri produk halal dalam negeri agar mampu menjadi pemimpin di kancah global.

 

Terkait

"Tantangannya adalah Indonesia terkenal sebagai negara dengan belanja produk halal besar namun dengan pemain lokal yang rendah," katanya, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga

Yusuf mengatakan industri produk halal lokal harus ditingkatkan mengingat masyarakat Indonesia terkenal sebagai negara dengan belanja produk halal yang besar. Di sisi lain, potensi pasar halal domestik yang besar tersebut masih lebih banyak digarap oleh industri luar.

Menurutnya, peningkatan jumlah pemain halal lokal nantinya tidak hanya akan memenuhi kebutuhan pasar domestik namun juga berpeluang menggarap pasar halal global yang berjumlah 1,8 miliar penduduk muslim.

Terlebih lagi, produk busana muslim Indonesia diakui sangat berkualitas dan kreatif dengan talenta desainer yang berbakat dan kompetitif untuk bersaing di kancah global. Meski diakui berkualitas, eksportir busana muslim terbesar di dunia saat ini justru direbut oleh China yang notabene negara non-Muslim dan belum lama mengembangkan industri halal.

"Masalah terbesar kita adalah lamban dalam mengembangkan industri halal ini, kurang agresif, padahal kita memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemain dunia," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini