Berapa Produksi Galon Dihasilkan dari Sumur Zamzam per Hari?

Jumat , 14 Oct 2022, 06:00 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Berapa Produksi Galon Dihasilkan dari Sumur Zamzam per Hari?. Foto: Air zamzam tersedia bergalon-galon di area akhwat Masjid Nabawi..
Berapa Produksi Galon Dihasilkan dari Sumur Zamzam per Hari?. Foto: Air zamzam tersedia bergalon-galon di area akhwat Masjid Nabawi..

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Setelah lima ribu tahun setelah air zamzam ditemukan kembali, kini air zamzam disalurkan ke beberap titik termasuk ke Masjid Nabawi dan Quba. Nasrullah Jasam mengatakan, di pusat pengelolaan air zamzam setidaknya 200 ribu galon perhari diproduksi.

 

Terkait

"1,5 juta galon untuk cadangan disiapkan dan 9 truk tangki besar dikirim ke Madinah untuk persediaan air zamzam di Masjid Nabawi " kata Nasrullah Jasam dalam bukunya Catatan Pelayan Tamu Allah.

Baca Juga

Nasrullah mengatakan, perdetiknya sumur air zamzam bisa menghasilkan maksimal 18,5 liter air dan minimal 11 liter.  Meski tandus, Kota Makah selalu menarik perhatian orang untuk datang berkunjung karena di dalamnya terdapat rumah Allah SWT yaitu Ka'bah.

Hal ini kata dia yang membuat duiu iri raja Abrahah dari Yaman. Sehingga Ia membuat gereja besar yang diberi nama gereja Qulais yang berarti bangun yang menjulang sebagai tandingan Ka'bah.

Abrahah berharap orang Arab akan berpaling dari Ka'bah dan mengunjungi gereja Qulais. Usaha Abrahah tidak membuahkan hasil yang terjadi malah sebaliknya, salah seorang dari bani Kinanah mendatangi gereja Qulais dan membuang hajatnya dalam gereja sebagai bentuk pelecehan terhadap gereja Qulais yang dibangun oleh Abrahah.

Atas tindakan tersebut, Abrahah murka dan menyerang Ka'bah dengan membawa pasukan besar, ia sendiri yang memimpin penyerangan tersebut dengan menunggangi seekor gajah. Namun penyerangan tersebut gagal karena Allah SWT mengirim sekelompok burung yang menyerang pasukan Abrahah dengan kerikil yang membakar.

Peristiwa ini terdapat dalam Alquran surah Al-fil sebanyak lima ayat.

"1.Tidakkah engkau Muhammad perhatikan Bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah

2. Bukankah dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia.

3. Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong.

4. Yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar.

5. Sehingga mereka dijadikannya seperti daun-daun yang dimakan ulat.

Serangan Abraha pun gagal, pasukannya kocar kecil diserang pasukan burung yang berbondong-bondong. Dan Kabah tetap dengan kemuliaan, keagungan kewibawaan dan kebaikannya, meski bentuknya sangat sederhana, tetapi ia tetap menjadi tempat yang dituju oleh umat manusia dari seluruh penjuru dunia, gereja Qulaisy yang dibangun Abrahah dengan begitu megah tidak sanggup menyanyi Ka'bah dan ka'bah dengan bentuknya yang sederhana tetap Mulia.

Sebagaimana doa para pengunjungnya.

 "Ya Allah tambahkanlah keagungan, kemuliaan, kewibawaan dan kebaikan pada rumahMu ini dan tambahkan lah keagungan kemuliaan dan kewibawaan orang yang mengunjunginya baik untuk H haji maupun umroh."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini