Kamis 27 Oct 2022 16:45 WIB

Menelusuri Megahnya Masjid Abu al-Abbas al-Mursi

Gaya Mamluk kerap kali menghadirkan bentuk geometris yang selalu berulang

Bagian dalam Masjid Abu Abbas Al-mUrsi
Foto: Wikipedia
Bagian dalam Masjid Abu Abbas Al-mUrsi

IHRAM.CO.ID,Dalam buku Architecture and Mathematics disebutkan juga gaya Mamluk kerap kali menghadirkan bentuk geometris yang selalu berulang. Lalu, kerap juga bentuk ornamen yang dihadirkan di desain gaya Mamluk ini memiliki hubungan topologi terhadap ruang maupun aspek pembentuknya. Hal ini begitu gamblang terlihat ketika sudah berada di bagian dalam masjid. Hampir di setiap sudut terlihat adanya pengulangan bentuk geometri yang memberikan kesan megah sekaligus indah.

Di bagian dalam Masjid Abu al-Abbas al-Mursi, pandangan mata akan disedot pada dua bagian yang tampak vital. Saat mendongak ke langit-langit masjid, akan terlihat adanya sebuah kemegahan dan keagungan yang disajikan dalam masjid ini.

Baca Juga

Sisi kemegahan ini tersaji dengan hadirnya lampu kristal yang digantung, tepat di bagian bawah kubah. Di bagian kubah interior juga dihiasi oleh bentuk geometris yang berulang. Lalu, di bagian bagian kubah itu disusun pula bentuk-bentuk berupa cekungan kecil yang ditata secara apik mengikuti bentuk lingkaran bangunan utamanya.

Langit-langit yang tinggi itu juga dikemas menjadi menarik dengan hadirnya deretan tiang-tiang berbentuk heksagonal berukuran besar. Tiang-tiang ini menjadi penopang yang kokoh di dalam masjid.

 

Lantas, pada bagian lainnya, pandangan mata bisa tersedot untuk melihat bentuk mimbar. Material pembuat mimbar ini sama dengan yang membentuk pintu dan jendela masjid. Bahannya terbuat dari kayu jati dan pohon kenari. Di sana diberikan ukiran yang begitu detail. Bagian mimbar ini dihiasi pula dengan ukiran kaligrafi bertuliskan syahadattain.

Sementara, pada bagian mihrab juga tak kalah memikat pandangan mata. Di bagian ini, tersaji hiasan yang mengisi bagian atas bagian mihrab. Di sisi kiri dan kanan dari mihrab ini hadir sebuah tiang penyangga yang memberikan kesan kokoh.

“(Masjid) ini merupakan tempat penting untuk disambangi. Bangunannya yang sangat besar dan mengagumkan itu tentunya harus bisa dijaga kelestariannya untuk generasi masa depan agar mereka dapat memahami apa yang orang-orang masa lalu telah lakukan,” tulis seorang pengunjung di laman Tripadvisor memberikan komentarnya terhadap keindahan Masjid Abu al-Abbas al-Mursi.

sumber : Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement