Kamis 27 Oct 2022 16:37 WIB

Masjid Abu al-Abbas al-Mursi Simbol Keagungan Seni Aristektur Islam

Masjid ini begitu kental dengan gaya arsitektur Mamluk.

Masjid Abu al-Abbas al-Mursi
Foto: wikimedia
Masjid Abu al-Abbas al-Mursi

IHRAM.CO.ID, Menikmati keindahan Kota Alexandria di Mesir terasa kurang bila tak menyambangi Masjid Abu al-Abbas al-Mursi. Bangunan yang berdiri pada 1775 ini menjadi tanda terhadap hadirnya keagungan seni arsitektur Islam.

Masjid ini begitu kental dengan gaya arsitektur Mamluk. Gaya ini menjadi representasi dari Dinasti Islam Mamluk yang pernah berkuasa di Mesir dan Siria sepanjang abad ke-13. Selama masa berkuasa itulah, begitu banyak terlahir bangunan yang sarat dengan seni yang tampak rumit, tapi indah dipandang. 

Baca Juga

Dari sisi luar, masjid ini terlihat begitu anggun dengan warna kremnya. Seperti gaya Mamluk pada umumnya, masjid ini memiliki kubah berbentuk silinder seperti drum. Di bagian atas kubahnya meruncing. Lantas, untuk mempercantik tampilan kubah, dihadirkanlah hiasan ukiran yang tampak begitu detail dan mengisi seluruh bagian kubah.

Lalu, di sisi selatan terlihat juga sebuah menara setinggi 73 meter. Bentuk menaranya juga tampak khas. Bagian dasarnya menempel dengan bangunan masjid berbentuk persegi. Lalu, naik ke bagian atasnya tampak bangunan berbentuk oktagonal atau bersegi delapan. Sedangkan, pada bagian teratasnya memiliki bentuk bulat.

 

Pada bagian menara ini terdapat pula balkon layaknya bentuk menara di sejumlah masjid yang ada di Turki. Tapi, yang membedakannya adalah pada masjid bergaya Mamluk ini ditambahkan dengan hadirnya barisan tiang pada bagian balkon serta pada bagian bawahnya hadir hiasan muqarnas atau bentuk semacam stalaktit.

Seperti tertulis di laman sacred-destinations, masjid ini memiliki pintu masuk yang terletak di sebelah utara dan timur. Keduanya menghadap alun-alun. Bagian utama masjid ini berbentuk oktagon dengan dinding internal yang hadir dengan batu yang ditampilkan berselang-seling. Cara mengemas bangunan inilah yang memperlihatkan kokohnya bangunan masjid yang berada tak jauh dari sisi pantai.

Penanda khusus lainnya yang tersaji dari masjid ini adalah hadirnya motif-motif dekoratif yang menghiasi hampir setiap sudut bangunan. Bentuk geometris ini terlihat cukup rumit dan detail. “Ciri khas gaya Mamluk adalah motif dekorasi yang dikenal sebagai Mamluk Star atau Mamluk Rose, yaitu motif bintang yang saling berkait. Motif ini hampir selalu ada di setiap bangunan yang ada di Mesir,” tulis David Cahyo Herwinaldo dalam artikelnya yang mengulas tentang arsitektur Mamluk.

sumber : Republika
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement