Rabu 02 Nov 2022 08:58 WIB

Unik, Masjid Ridwan dengan Arsitektur China di Lombok

Masjid Ridwan menjadi salah satu objek wisata religi yang ada di Dusun Jurang Malang.

Masjid Al Ridwan di Dusun Jurang Malang, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Unik, Masjid Ridwan dengan Arsitektur China di Lombok
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsyi
Masjid Al Ridwan di Dusun Jurang Malang, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Unik, Masjid Ridwan dengan Arsitektur China di Lombok

IHRAM.CO.ID, MATARAM -- Lombok dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid. Salah satu masjid di Pulau Lombok terlihat berbeda dengan masjid lainnya. Masjid unik ini terletak di Dusun Jurang Malang, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Masjid ini terkenal dengan keunikan arsitektur bangunannya yang khas China ini diberi nama Masjid Ridwan. Masjid Ridwan berdiri pada 2011 yang diinisiasi oleh Maliki, mualaf keturunan China. Untuk proses pengerjaan bangunan tersebut dibantu salah satu temannya yang ahli dalam bidang desain arsitektur.

Baca Juga

Menempati lahan seluas 90 are yang terdiri dari masjid, taman, spot foto, kolam renang, payung besar, tempat wudhu, tempat kamp dan area parkiran, semuanya didesain seperti bangunan China. Setiap bentuk dan hiasan masjid itu mempunyai makna tersendiri, seperti kubah, sudut bangunan yang persegi delapan, sisi bangunan dan hiasan masjid yang bertuliskan kaligrafi.

Hiasan di sisi pintu masuk bertuliskan huruf Mandarin, warna cat masjid berwarna merah dan kuning, ada payung di halaman masjid dan jembatan yang menghubungkan antarbukit. Dengan arsitektur bangunannya yang khas China, memiliki makna keislaman seperti tiga lapisan kubah tersebut dimaknai dengan filosofi manusia pernah hidup di dalam rahim. Kemudian di alam dunia dan terakhir di alam akhirat.

 

"Saya ingin menaruh nilai-nilai keislaman di dalam masjid yang saya bangun. Kalau keyakinan orang China, atap yang dibuat bertumpuk ke atas maksudnya orang tersebut kastanya tinggi yang memiliki garis keturunan kekaisaran," ucap Maliki selaku pemilik Masjid Ridwan.

Di setiap sudut dan sisi kubah Masjid Ridwan terdapat 23 sudut yang dihiasi nama nabi dan nama malaikat yang memancarkan warna indah. Ditambah dengan suasana sejuk dan jauh dari keramaian membuat orang-orang yang beribadah (sholat) di dalamnya semakin nyaman.

Selain itu, terdapat juga foto tokoh agama yang pemikirannya sangat berpengaruh di Pulau Lombok dan di setiap foto tersebut merupakan orang yang memberikan pemahaman tentang Islam kepada Maliki. Di bagian depan Masjid Ridwan juga terdapat payung besar dan jembatan yang menghubungkan antara bangunan masjid dengan bukit di samping masjid tersebut. Terkhusus payung besar yang menghiasi halaman masjid membuatnya terlihat seakan-akan berada di Kota Makkah.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement