Selasa 08 Nov 2022 20:15 WIB

Sentuhan Abdel Wahed el-Wakil dari Masjid Bersejarah di Madinah Hingga Asia Tenggara

Abdel Wahed El-Wakil juga membangun beberapa masjid di Madinah.

Masjid Al-Qiblatain di Madinah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Tommy Tamtomo/ca
Masjid Al-Qiblatain di Madinah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, Abdel Wahed El-Wakil juga membangun beberapa masjid di Madinah. Ia membangun kembali Masjid Qubbah yang ada di Madinah, di lokasi masjid itu pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW saat hijrah dari Makkah ke Madinah. Ia diminta mewujudkan masjid dengan ukuran lebih besar.

Langkah awal yang El-Wakil lakukan adalah memberikan sejumlah tambahan gaya dan tema arsitektur pada bangunan Masjid Qubbah yang sudah ada itu. Namun, ia diminta untuk sepenuhnya merobohkan masjid yang sudah tua tersebut dan membuat rancangan masjid yang benar-benar baru.

Baca Juga

Masjid kedua yang dibangun El-Wakil di lokasi bersejarah yang ada di Madinah adalah Masjid Qiblatain. Masjid ini dibangun pada 1992. Masjid ini diyakini menjadi tempat pertama kalinya umat Islam mengubah arah kiblat, yaitu dari Yerusalem ke Makkah.

Tak hanya itu, El-Wakil pun merancang ulang dan membangun Masjid Jumat. Ini merupakan sebuah masjid yang menjadi tempat pertama kali pelaksanaan shalat Jumat. Masjid lainnya adalah kompleks Masjid Miqaat Al-Madinah.

 

Masjid itu dirancang dan dibangun pada 1987. Masjid tersebut bisa menampung sekitar 5.000 jamaah, termasuk bangunan pertokoan dan pelataran bagi jamaah. Ini menjadi salah satu tempat persinggahan bagi jamaah haji.

Di Makkah, El-Wakil mendapatkan tugas pula untuk merancang dua masjid, yaitu Masjid Bilal dan Hafayer. Ternyata, hasil karyanya tak hanya terdapat di Arab Saudi, tetapi merambah pula ke Afrika Selatan. Ia merancang Masjid Kerk Street di Johannesburg, Afrika Selatan.

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement