Selasa 08 Nov 2022 21:00 WIB

Mengenal Astrolabe, Instrumen Astronomi Utama

Penemuan astrolabe dipekirakan pada 2.000 tahun lalu.

Ilustrasi Astrolabe
Foto: Mgrol120
Ilustrasi Astrolabe

IHRAM.CO.ID, Awalnya astrolabe merupakan instrumen astronomi yang berguna untuk menentukan lokasi dan memperkirakan posisi matahari, bulan, planet, serta bintang. Penemuan astrolabe dipekirakan pada 2.000 tahun lalu.

Para astronom Muslim memperluas kegunaan astrolabe tersebut. Salah satunya, astrolabe digunakan oleh para astronom Muslim untuk menentukan arah kiblat. Lalu, instrumen ini diperkenalkan ke Eropa pada masa pemerintahan Islam di Spanyol, yaitu abad ke-12.

Baca Juga

Astrolabe ini menjadi salah satu instrumen astronomi utama hingga masa modern ini. Emily Winterburn, ilmuwan dari Centre for the History of Science, Technology, adn Medicine, Imperial College, London, Inggris, mengungkapkan, ada catatan mengenai astrolabe di dunia Islam.

Menurut Winterburn, penggunaan astrolabe di dunia Islam diketahui melalui tulisan salah satu astronom Muslim ternama asal Isfahan, Iran, Abd al-Rahman al-Sufi, yang hidup pada abad ke-10. Al-Sufi menggambarkan lebih dari 1000 penggunaan astrolabe.

Di Barat, al-Sufi lebih dikenal dengan nama Azophi. Bahkan, namanya disematkan pada sebuah kawah di bulan sebagai penghormatan atas kontribusi besarnya di bidang astronomi. Dalam tulisannya, ia menyebut astrolabe sebagai instrumen penting dalam astronomi dan astrologi.

Astrolabe ini merupakan instrumen yang sangat beragam. Operasi fundamentalnya pun memiliki banyak variasi yang bermunculan seiring perkembangan dan penyempurnaan astrolabe. Semua operasinya menggunakan hubungan antara gerakan nyata bintang-bintang.

Yaitu, bintang yang terlihat dari garis lintang tertentu di bumi dan pada waktu tertentu. Dengan memanfaatkan astrolabe ini, para astronom kemudian mampu menentukan waktu berdasarkan posisi matahari dan bintang-bintang.

Awal kemunculan astrolabe memang bukan berasal dari dunia Islam, namun diperkirakan dari Yunani Kuno. Meski tak ada sisa astrolabe di masa Yunani yang tersisa, keberadaan astrolabe ini diketahui melalui tulisan astronom Hipparachus pada tahun 150 SM.

Hipparachus mengungkapkan, penemuannya mengenai proyeksi stereografik, sebuah perangkat matematis yang menggambar langit tiga dimensi ke dalam lempengan dua dimensi, merupakan basis bagaimana astrolabe bekerja.

Namun, pada akhirnya, para sejarawan menyimpulkan, astrolabe mengalami penyempurnaan di dunia Islam. Menurut mereka, istilah astrolabe berasal dari istilah Arab yang dalam bahasa Yunani memiliki arti pemegang bintang.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement