Jumat 11 Nov 2022 17:45 WIB

Kapan Madrasah Pertama Berdiri?

Di masa lalu, gairah umat Islam memahami ilmu begitu tinggi.

Madrasah Islam tempo dulu (ilustrasi).
Foto: Youtube.com
Madrasah Islam tempo dulu (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, Dalam bukunya, History of the Moorish Empire in Europe, SP Scott melukiskan suasana di sebuah ruang belajar yang diliputi gairah Muslim memahami ilmu. Terdapat risalah tebal mengenai bedah dan obat-obatan. Di tangan masing-masing murid tergenggam peta langit yang berisi nama-nama bintang dalam bahasa Arab.

“Seperti muazin yang luhur, mereka tak sekadar menghapalnya, tapi juga mengambil hikmah dari kekayaan langit itu yang menambah keyakinan agamanya,” cetus Scott.

Baca Juga

Tradisi belajar menjalar secara cepat di kalangan Muslim dan memantik mereka membangun tempat-tempat belajar. Tak heran jika bermunculan lembaga pendidikan yang sangat berperan menebar ilmu pengetahuan.

Jadi, mereka yang haus ilmu dengan mudah menentukan pilihan di mana mereka mau belajar, khan, madrasah, atau masjid. Pada abad ke-11 hingga ke-13 M, terbentuk banyak lembaga pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Umumnya itu bermula dari keinginan komunitas cendekiawan memperluas dan mengajar kan ilmu pengetahuan.

Lembaga yang banyak dikenal biasanya adalah madrasah. Tak jarang madrasah menyatu dengan bangunan masjid. Madrasah pertama digagas oleh Ibnu Jubair (wafat 614 H/1217 M). Saat berkunjung ke Baghdad, Irak, selama 30 hari, ia terpikir untuk membangun madrasah. Ia meme nuhi tekadnya itu dan se buah madrasah pun tegak berdiri.

Bak jamur di musim hujan, langkah serupa cepat menyebar. Bukan hanya di lakukan satu atau dua ke lompok orang, tetapi banyak kalangan.

Saat pemerintahan Seljuk, gerakan ini bahkan disponsori oleh para elite penguasa dan kelompok berpunya. Misalnya, seorang wazir bernama Nizam al-Mulk. Dengan madrasahnya, di kemudian hari, ia dikenal sebagai peletak tonggak pendidikan.

Sebab, pengajaran yang berlangsung di madrasahnya tertata dengan baik dan menggunakan silabus. Tak heran bila madrasah di Baghdad yang berdiri pada 1066 Masehi itu berpengaruh pada perkembangan madrasah yang mempunyai sistem pengajaran baik. 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement