Saudi Secara Resmi Luncurkan Nusuk Bagi Jamaah Haji dan Umrah

Senin , 21 Nov 2022, 16:04 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah Umrah
Ilustrasi Jamaah Umrah

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan peluncuran resmi 'Nusuk', platform daring nasional untuk Haji dan Umrah. Platform ini menawarkan lebih dari 121 layanan untuk memberi manfaat bagi lebih dari 30 juta orang.

 

Terkait

Berbicara selama “Forum Pemerintah Digital 2022”, Menteri Haji dan Umrah Dr. Tawfiq mengatakan platform tersebut menawarkan layanan yang disederhanakan, guna memudahkan prosedur bagi jamaah yang datang dari seluruh dunia.

Baca Juga

Tidak hanya itu, ia juga menyebut platform baru ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman bagi jamaah haji dan umrah, serta para pengunjung sehingga dapat mencapai tujuan program Kingdom’s Vision 2030.

Menteri Haji lantas mencatat bahwa platform Nusuk menawarkan sekitar 45 layanan untuk individu dan 75 layanan untuk pelaku bisnis.

"Platform ini bercita-cita untuk memberikan layanannya kepada lebih dari 30 juta orang, bekerja sama dengan lebih dari 10.000 entitas di sektor bisnis dan 25 departemen pemerintah," ujar dia dikutip di Gulf News/ Senin (21/11).

Platform Nusuk ini berada di bawah payung program layanan jamaah haji, salah satu program Visi 2030. Ia hadir bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Otoritas Pariwisata Saudi.

Menurut Menteri Dr. Tawfiq, platform tersebut akan memperkenalkan jamaah ke semua fase umrah, serta ke daerah bersejarah dan situs keagamaan di Makkah dan Madinah. /

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini