Qatar Berikan Bantuan Rp 40,8 Miliar kepada Pengungsi Suriah

Sabtu , 26 Nov 2022, 08:25 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
 Pengungsi Suriah melaksanakan shalat Idul Fitri di Amman, Yordania, Ahad (19/8). Qatar Berikan Bantuan Rp 40,8 Miliar kepada Pengungsi Suriah. (Ali Jarekji/Reuters)
Pengungsi Suriah melaksanakan shalat Idul Fitri di Amman, Yordania, Ahad (19/8). Qatar Berikan Bantuan Rp 40,8 Miliar kepada Pengungsi Suriah. (Ali Jarekji/Reuters)

IHRAM.CO.ID, DOHA -- Pemerintah Qatar menyebut akan menyediakan 2,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 40,8 miliar untuk membantu hampir 100 ribu pengungsi Suriah di Yordania dan Lebanon. Bantuan ini diberikan dalam bentuk makanan, obat-obatan, dan tempat tinggal.

 

Terkait

Dana Qatar untuk Pembangunan (QFFD) menyetujui pencairan dana tersebut melalui Badan Pengungsi PBB, UNHCR, pada awal bulan-bulan musim dingin kepada lebih dari 13.500 warga Suriah di Yordania dan hampir 82.400 orang di Lebanon.

Baca Juga

"QFFD berusaha keras dalam menanggapi kebutuhan kemanusiaan yang terus meningkat di seluruh dunia," kata Direktur Jenderal QFFD, Khalifa Al-Kuwari, dikutip di Arab News, Jumat (25/11/2022).

Ia menyebut dengan dimulainya musim dingin membuat upaya yang dilakukan pihaknya lebih penting, untuk mendukung para pengungsi yang sangat membutuhkan bantuan. “Kami bangga dengan kemitraan kami dengan UNHCR dan kami percaya sangat penting untuk terus bekerja sama memastikan tidak ada yang tertinggal," lanjutnya.

Sejak 2010, pemerintah dan organisasi Qatar telah memberikan bantuan sebesar 373 juta dolar AS kepada orang-orang yang terkena dampak konflik, terutama mereka yang mengungsi dari negara asalnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini