Masjid Nabawi Bagikan 2,2 Juta Botol Zamzam Selama Kuartal Pertama Hijriyah

Sabtu , 26 Nov 2022, 06:25 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Sejumlah jamaah haji meminum air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah. Masjid Nabawi Bagikan 2,2 Juta Botol Zamzam Selama Kuartal Pertama Hijriyah
Sejumlah jamaah haji meminum air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah. Masjid Nabawi Bagikan 2,2 Juta Botol Zamzam Selama Kuartal Pertama Hijriyah

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Badan Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah menyediakan lebih dari 15 ribu ton air zamzam yang diterima melalui tangki selama kuartal pertama tahun Hijriyah. 

 

Terkait

 

Baca Juga

“Jumlah total air yang dikonsumsi pada kuartal pertama mencapai 13.128 ton, sedangkan jumlah wadah air mencapai 494.508, dan botol air zamzam yang didistribusikan berjumlah lebih dari 2.265.128,” menurut statistik yang dikeluarkan oleh badan tersebut, dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (24/11/2022).

 

Badan ini sangat berkepentingan untuk melakukan pengujian titik pengisian dan pengambilan sampel secara acak untuk menjamin keamanan air. Jumlah sampel yang diuji mencapai sekitar 4.470 sampel. 

 

Air zamzam tersebut akan diuji terlebih dahulu di laboratorium sebelum didistribusikan. Air zamzam diambil dari berbagai situs di Masjid Nabawi di Madinah setiap hari.

 

Sampel diambil dari wadah zamzam, tempat pengisian, air mancur, dan tangki secara teratur dan berkesinambungan sepanjang hari. Air kemudian dianalisis untuk memastikan air aman dan tidak terkontaminasi apapun. 

 

Laboratorium tempat sampel dianalisis dilengkapi dengan teknologi modern terbaik, dan tim yang mengumpulkan sampel dan menganalisisnya terdiri dari staf teknis spesialis. Untuk pendistribusiannya, Kerajaan Arab Saudi juga mengeluarkan robot yang khusus diperuntukkan mendistribusikan air zamzam dalam kemasan kepada jamaah. Robot tersebut akan berkeliling Masjidil untuk membagikan botol air zamzam.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini