Sabtu 17 Dec 2022 19:58 WIB

Redefinisi Ikhlas, Pasrah, dan Sabar

Kata ikhlas dan pasrah sering disalahpahami banyak orang.

ikhsan(ilustrasi).
Foto: www.moslemsubang.wordpress.com
ikhsan(ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,Oleh Abdul Muid Badrun

Kata ikhlas dan pasrah sering disalahpahami banyak orang. Tidak banyak orang yang mampu menguasai sikap ini. Jika dicermati lebih dalam lagi, ikhlas berarti merelakan apa yang sudah bukan milik kita. Sedangkan pasrah adalah sesuatu yang mesti kita serahkan semuanya kepada Yang Maha Kuasa, Allah.

Baca Juga

Sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah dalam memaknainya. Sehingga, bukanlah sikap ikhlas, melainkan keluhan dan rasa sombong. Ketika seseorang sudah merelakan, berarti ia harus bisa tidak mengungkit-ungkitnya lagi. Jika diungkit atau dibicarakan, tidak ikhlas namanya.

Memang, sangat sulit merelakan sesuatu yang pernah kita miliki. Padahal, apa yang sedang kita miliki saat ini, hakikatnya bukanlah milik kita. Itu semua hanyalah titipan yang harus kita jaga sebaik mungkin.

 

Ketika Allah mengambilnya kembali, kita harus rela. Karena pada dasarnya itu semua dulunya bukan milik kita.

Lalu, ketika Allah pun mencabut titipan yang kita miliki. Maka sudah sewajarnya karena itu semua adalah milik-Nya, bukan kepunyaan kita.

Mindset inilah yang perlu direnungkan dan dipahami bersama oleh kita. Jika ketidakikhlasan masih melekat dalam diri kita, bisa dipastikan hidup kita tidak akan mungkin bisa bahagia. Sebab, syarat bahagia itu ikhlas.

Sebagai contoh, saat kita terbaring sakit. Jika kita tak bisa ikhlas dengan rasa sakit yang menimpa kita, justru hal itu akan menjadikan sakit kita semakin parah.

Karena ada rasa takut, khawatir, dan cemas.Pikiran dan perasaan negatif itulah yang malah menjadikan penyakit semakin mudah dan suka singgah dalam tubuh kita.

Begitu juga sebaliknya. Padahal, antara sehat dan sakit, hidup kita lebih banyak sehatnya ketimbang sakitnya. Namun, ketika Allah memberikan rasa sakit kepada kita, kenapa kita menjadi tidak bisa menerima? Padahal, kita pun bisa menerima diri kita ketika sedang sehat.

Selanjutnya, pasrah bisa dimaknai menyerahkan segala urusan kita kepada Allah setelah kita berusaha semampu kita.Namun, banyak orang menyikapi dan berasumsi pasrah ya tidak melakukan apa pun. Praduga itulah yang salah.

Jika kita hanya menanti takdir dan tak mau berusaha, itu namanya putus asa, bukan pasrah. Sebab, pasrah sesungguhnya adalah kita melakukan usaha semaksimal dan sebaik-baik mungkin dulu, sedangkan hasilnya terserah Allah. Yang terpenting kita semua sudah melakukan usaha sesuai dengan kemampuan kita.

Lalu, bagaimana dengan arti kata sabar.Banyak orang ketika sedang ada masalah dan sedikit muncul amarah, dia mengatakan sabar sambil mengelus dada. Itu bukan sabar, tetapi menahan amarah dan masih mengeluh dalam hatinya. Sabar bukan mengeluh dan bukan menahan amarah. Sabar adalah kondisi ketika kita bisa menerima keadaan dengan tetap memiliki hati yang tenang. Inilah sabar. Meskipun, tidak mudah dilakukan.

Namun, ketika tak dilatih, sabar itu tak akan bisa diamalkan.Hakikatnya, ikhlas, pasrah, dan sabar sangat berkaitan erat. Semua perlu riyadhah(latihan) agar yang sulit terasa mudah. Ketiganya mensyaratkan adanya ketenangan nurani. Karena ketenangan nurani inilah yang mampu menciptakan kebahagiaan. Dari sini, akan tercipta solusi dalam hidup. Caranya, banyak beribadah dan berzikir (QS ar-Rad: 28).

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement