Senin 19 Dec 2022 11:24 WIB

81 Juta Jamaah Kunjungi Masjidil Haram sejak Muharram

Arab Saudi meluncurkan aplikasi Nusuk pada pertengahan November lalu.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Seorang jamaah haji meninggalkan Masjidil Haram, di Mekah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022.  81 Juta Jamaah Kunjungi Masjidil Haram sejak Muharram
Foto: AP/Amr Nabil
Seorang jamaah haji meninggalkan Masjidil Haram, di Mekah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022. 81 Juta Jamaah Kunjungi Masjidil Haram sejak Muharram

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Total jamaah yang sholat di Masjid Nabi di Madinah dalam lima bulan sejak awal Muharram hingga Jumada al-Ula tahun 1444 H telah mencapai lebih dari 81 juta jamaah. Hal itu diungkapkan Presiden Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdulrahman Bin Abdulaziz Al-Sudais.

 

Baca Juga

“Lebih dari delapan juta jamaah juga telah sholat di Rawdah Sharif di Masjidil Haram,” kata Al-Sudais, dilansir dari Saudi Gazette, Senin (19/12/2022).

Sementara, lebih dari tujuh juta pengunjung telah mengunjungi dan menyapa Nabi Muhammad SAW dan dua sahabatnya. Al-Sudais mengatakan kepresidenan telah memanfaatkan semua layanan untuk jamaah dan pengunjung dan menghilangkan semua rintangan dan kesulitan, melalui semua departemennya untuk memfasilitasi ritual mereka sehingga mereka dapat melakukannya dengan mudah dan nyaman.

 

Sebelumnya, Kerajaan telah meluncurkan aplikasi Nusuk pada pertengahan November lalu. Platform tersebut bertujuan mempermudah proses visa, transportasi, dan penginapan atau hotel bagi peziarah.

 

Platfotm tersebut bertujuan memperkenalkan jamaah haji ke semua fase melakukan umrah, serta untuk memperkenalkan mereka ke daerah bersejarah dan situs keagamaan di Makkah dan Madinah. 

 

Platform Nusuk menawarkan lebih dari 121 berbagai layanan untuk memfasilitasi prosedur kedatangan jamaah dari seluruh dunia, dengan prosedur yang lebih mudah dan sederhana. Nusuk menyediakan 75 layanan untuk sektor bisnis dan sekitar 45 layanan untuk sektor individu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement