Rabu 21 Dec 2022 08:30 WIB

BWI Dorong Universitas Berwakaf untuk Dana Abadi

Dana wakaf tersebut akan dikelola dengan diinvestasikan ke Sukuk negara.

Ilustrasi Inovasi Wakaf
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Inovasi Wakaf

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Badan Wakaf Indonesia (BWI) mendorong perguruan tinggi untuk berwakaf yang ditujukan sebagai dana abadi untuk memperkuat dunia akademik berbasis keagamaan.

"Gerakan baru untuk menyiapkan sarana dan prasarana melalui harta wakaf," kata Ketua Badan Pelaksana BWI M.Nuh saat "Wakaf Goes To Campus" di Semarang, Selasa kemarin.

Baca Juga

Menurut dia, dana wakaf tersebut akan dikelola dengan diinvestasikan ke Sukuk negara atau dikenal juga dengan nama Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

"Dibelikan Sukuk negara, yang menjamin pemerintah, dipastikan aman," katanya.

Dana abadi, kata dia, tidak mudah dikelola, karena pengelolaan yang salah akan mengakibatkan uang tersebut habis. Investasi dana wakaf di Sukuk negara, lanjut dia, merupakan salah satu alternatif instrumen dengan risiko terkecil.

Hingga saat ini, kata dia, baru tiga perguruan tinggi yang sudah menyiapkan dana abadi melalui wakaf, yakni Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, ITS Surabaya, dan ITB Bandung. Menurut dia, jika kampus bertumbuh, maka kemandirian masyarakat juga bertumbuh.

Ia menuturkan "Wakaf Goes to Campus" menyasar perguruan tinggi sebagai tempat orang-orang berpendidikan."Kampus tempat orang berpendidikan yang membangun tradisi akademik yang kuat," tambahnya.

Melalui perguruan tinggi, lanjut dia, diharapkan tercipta generasi yang baik, karena hanya orang baik yang bisa membangun Indonesia.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement