Kamis 22 Dec 2022 08:39 WIB

Musim Dingin, Masjid di Birmingham Sediakan Ruang Hangat Gratis untuk Umum

Ruangan hangat sangat dibutuhkan ketika musim dingin.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Relawan di Green Lane Masjid di Birmingham, Inggris mengepak makanan untuk dibagikan pada mereka yang membutuhkan, 30 Januari 2021. Musim Dingin, Masjid di Birmingham Sediakan Ruang Hangat Gratis untuk Umum
Foto: Anita Maric/SWNS
Relawan di Green Lane Masjid di Birmingham, Inggris mengepak makanan untuk dibagikan pada mereka yang membutuhkan, 30 Januari 2021. Musim Dingin, Masjid di Birmingham Sediakan Ruang Hangat Gratis untuk Umum

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus masjid di Birmingham menyediakan ruangan hangat gratis yang disediakan untuk umum secara gratis. Hal ini menyusul suhu yang dingin di wilayah Inggris Raya. 

Dilansir di About Islam, Kamis (22/12/2022), dengan sikap yang menghangatkan hati di tengah cuaca dingin, sebuah masjid lokal di Birmingham akan menawarkan ruang hangat bagi orang-orang selama liburan dan mengakhiri tahun yang sangat sulit bagi banyak orang. 

Baca Juga

“Saat musim dingin muncul dan tagihan listrik meningkat, datang dan manfaatkan ruang hangat kami sebaik-baiknya. Ini adalah layanan gratis bagi masyarakat sehingga Anda dapat tetap hangat, menikmati minuman panas dan penyegaran serta terhubung dengan orang lain di masyarakat. Dipersilakan, jadi sampai jumpa di sana," tulis Smethwick Jamia Masjid Anwar Ul Uloom di Facebook.“

Langkah masjid ini adalah bagian dari inisiatif Warm Banks yang lebih besar oleh dewan Black Country. Pihaknya mengerti ruangan hangat sangat dihargai oleh banyak orang dan merasa penting untuk melakukan segala yang mungkin untuk membuatnya tersedia antara Natal dan Tahun Baru. 

Menurut Ketua Dewan Kerrie Carmichael kepada Birmingham Mail, lebih dari 11 ribu orang setiap pekan datang ke perpustakaan masjid dan banyak dari mereka membutuhkan tempat yang hangat dan aman. 

“Kami senang dapat menawarkan tempat untuk tetap hangat dan menikmati minuman panas setiap hari selama liburan Natal. Dan kami sangat beruntung di Sandwell memiliki komunitas yang luar biasa dan kelompok sukarela yang juga membuka ruang hangat mereka selama masa liburan," kata dia.  

Muslim Inggris biasanya memimpin upaya serupa untuk membantu para tunawisma selama musim dingin. Pada Januari 2021, beberapa organisasi Muslim di Birmingham memulai inisiatif “Masjid Kami Bersama Tunawisma” untuk membantu para tunawisma. 

Kelompok tersebut termasuk Institut Al-Suffa dan Yayasan Muslim Great Barr. Masjid yang berbeda juga menyambut para tunawisma ke tempat penampungan mereka selama musim dingin. Misalnya, Masjid Jalur Hijau dan Pusat Komunitas (GLMCC) di Birmingham, dibuka untuk menampung para tunawisma pada 2020.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement