Rabu 28 Dec 2022 03:05 WIB

Hujan Salju Mulai Turun di Arab Saudi

Suhu terendah di Kegubernuran Turaif di Wilayah Perbatasan Utara 3 derajat Celsius.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pria dengan latar  salju yang  turun di Provinsi Tabuk, Arab Saudi. Hujan Salju Mulai Turun di Arab Saudi
Foto: Mohamed Al Sultan/Reuters
Seorang pria dengan latar salju yang turun di Provinsi Tabuk, Arab Saudi. Hujan Salju Mulai Turun di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Suhu mulai turun di sebagian besar wilayah Arab Saudi, mulai dari Ahad dan akan terus turun hingga Rabu, menurut sumber di Pusat Meteorologi Nasional (NMC). Ada penurunan merkuri di wilayah Utara, Timur dan Tengah Kerajaan. 

 

Baca Juga

Hujan salju ringan diperkirakan akan melanda pada Senin (26/12/2022) dan Selasa (27/12/2022) di dataran tinggi wilayah Tabuk seperti Jabal Al-Lawz dan Alaqan Al-Dhahr, serta di beberapa bagian Perbatasan Utara, termasuk Arar, Turaif, Hazm Al-Jalamid, Al -Jouf dan Al-Qurayyat.

 

Kegubernuran Turaif di Wilayah Perbatasan Utara mencatat suhu terendah di Kerajaan, menyentuh tiga derajat Celsius, begitu juga di Qurayyat. Turaif, kota terdingin di Saudi, pernah mencatat suhu terendah minus 12 derajat Celsius. 

Salju terus turun sepanjang malam di kota, yang biasa menyaksikan pemandangan menakjubkan dari laut putih yang tersebar di seluruh dataran dan pegunungan yang luas. Area hujan salju di Arab Saudi menawarkan pengalaman yang mempesona dan berkesan bagi para pengunjung. 

Aqeel Al-Aqeel, seorang analis di NMC, mengatakan bahwa fluktuasi cuaca akan berlanjut, dengan kemungkinan hujan sekali lagi di sebagian besar wilayah Kerajaan. Menurut sumber NMC, hujan ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi pada hari Senin dan Selasa di beberapa wilayah di seluruh Kerajaan.

Ini termasuk Tabuk, Al-Wajh, Duba, Umluj, NEOM, Sharma, dan Taimah di wilayah Tabuk; Makkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jumum, Al-Kamel, Khulais, dan Bahra di wilayah Makkah; Al-Ais, Badr, Yanbu, Al-Ula, Khaiber, Al-Mahd, Wadi Al-Fara, dan Al-Hanakiya di wilayah Madinah; dan Al-Baha, Baljurashi, Al-Mandaq Al-Qura, Qilwa, dan Al-Makhwah di wilayah Al-Baha.

Diperkirakan hujan sedang akan turun dari Minggu hingga Selasa di Al-Ghazala Al-Shanana dan sebagian besar kegubernuran di wilayah Hail; Rafha, Arar, dan Turaif di Wilayah Perbatasan Utara; Sakaka, Dumat Al-Jandal, Al-Qurayyat, dan Tabarjal di wilayah Al-Jouf; Abha, Khamis Mushayt, Sarat Obaidah, Ahad Rofaidah, Dhahran Al-Janoub, Al-Namas, Balqarn, Al-Majaridah, Mahayil, Tanumah, dan Al-Bork di wilayah Asir; Jazan, Fifa, Al-Khouba, Al-Ardah, Haroub, Al-Harth, Al-Da'ir, Al-Shaqiq, dan Bish di Jazan; dan Habona, dan Badr Al-Janoub di wilayah Najran.

Hujan sedang kemungkinan akan melanda pada Senin dan Selasa di Buraidah, Unaizah, Al-Ras, dan sebagian besar kegubernuran wilayah Al-Qassim serta di Hafar Al-Batin, Khafji, Al-Nairyah, Qaryat Al-Olayya, Qatif, Dammam , Dhahran, Al-Khobar, Abqaiq, dan Al-Ahsa di Provinsi Timur, selain kota Riyadh, Al-Kharj Al-Muzahamiya, Al-Quwaia, Al-Majmaa, Al-Zulfi, Al-Ghat, Shaqra, Remah , Al-Dawadmi dan Afeef di wilayah Riyadh. 

Al-Aqeel mengatakan angin permukaan, disertai debu, diperkirakan akan melanda mulai Senin di Al-Jouf dan wilayah Perbatasan Utara dan akan meluas mulai Selasa ke wilayah Hail, Al-Qassim, Provinsi Timur dan Riyadh, dan kemudian ke wilayah Najran, Asir, Al-Baha dan Makkah, termasuk wilayah pesisirnya.

“Ini dapat menyebabkan gelombang naik hingga lebih dari dua setengah meter,” katanya dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (27/12/2022).

Ia kemudian melanjutkan bahwa akan ada penurunan suhu yang nyata di wilayah Tabuk, Al-Jouf, Wilayah Perbatasan Utara, Hail, Al-Qassim dan bagian utara wilayah Madinah, di mana suhu terendah diperkirakan mencapai antara subzero 1 hingga 4 derajat Celcius. 

Suhu terendah diperkirakan mencapai antara 2 hingga 5 derajat Celcius di Riyadh dan bagian utara Provinsi Timur.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement