Ahad 01 Jan 2023 20:15 WIB

Jeddah Dilanda Hujan, Sekolah dan Universitas Ditutup

Arab Saudi dilanda hujan lebat di sejumlah wilayah

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Suasana jalan ketika hujan di Arab Saudi. Arab Saudi dilanda hujan lebat di sejumlah wilayah termasuk Jeddah.
Foto: Saudi Gazette
Suasana jalan ketika hujan di Arab Saudi. Arab Saudi dilanda hujan lebat di sejumlah wilayah termasuk Jeddah.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH – Wilayah Jeddah dilaporkan akan mengalami hujan lebat hari ini, Ahad (1/1/2022). Karena itu, otoritas setempat mengumumkan menutup seluruh sekolah dan universitas. 

Direktorat Pendidikan Jeddah mengumumkan penangguhan kelas tatap muka di semua sekolah di Jeddah, Rabigh dan Khulais. Kebijakan ini diambil berdasarkan laporan perkiraan cuaca hujan. 

Baca Juga

Tidak hanya itu, direktorat memastikan keputusan itu dibuat untuk menjaga keselamatan siswa dan berdasarkan laporan dari Pusat Meteorologi Nasional (NCM) 

Dilansir di Saudi Gazette, Ahad (1/1/2023), dalam sebuah pernyataan NCM mengatakan hujan sedang hingga lebat akan melanda banyak bagian Makkah, termasuk Jeddah dan Rabigh. 

 

Prakiraan yang disampaikan NCM juga mencakup kemungkinan hujan lebat disertai angin aktif dan hujan es, terutama di wilayah pesisir wilayah Makkah. 

Universitas King Abdulaziz yang berbasis di Jeddah dan Universitas Jeddah, juga dilaporkan telah mengambil langkah yang sama. 

Di sisi lain, Pertahanan Sipil Arab Saudi menyarankan semua masyarakat untuk lebih berhati-hati dan menghindari genangan air hujan dan lembah.   

Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi telah mengeluarkan peringatan cuaca buruk, dengan perkiraan hujan sedang hingga lebat akan dimulai pada Kamis (29/12/2022) dan berlanjut hingga Selasa pekan depan. Hujan berpotensi disertai hujan es, awan debu, jarak pandang rendah, dan gelombang tinggi di sepanjang garis pantai.

“Diperkirakan pengaruh situasi akan dimulai pada Kamis malam dan intensitasnya meningkat pada Jumat dan Sabtu, dengan hujan dari sedang hingga lebat," kata Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi, dilansir di Arab News, Rabu (28/12/2022).

Prakiraan awal menunjukkan kemungkinan hujan akan bertahan di sebagian besar wilayah hingga akhir Ahad depan.

Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mendesak masyarakat memeriksa situs web dan akun media sosialnya untuk informasi terbaru tentang cuaca buruk dan daerah yang kemungkinan terkena dampak terburuk.

Pusat juga meminta semua orang untuk memperhatikan peringatan terkait cuaca dan mengikuti instruksi yang dikeluarkan pihak berwenang.   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement