Selasa 03 Jan 2023 10:48 WIB

Otoritas Arab Saudi Prediksi Cuaca Buruk Terjadi Hingga Jelang Akhir Pekan

Badai petir akan berlanjut di sebagian besar wilayah Arab Saudi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Suasana jalan ketika hujan di Arab Saudi.
Foto: Saudi Gazette
Suasana jalan ketika hujan di Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi telah memperingatkan cuaca buruk akan berlanjut hingga Jumat (6/1/2022). Hujan lebat yang disertai hujan es, kabut dengan jarak pandang rendah, serta gelombang tinggi di sepanjang pantai diprediksi terjadi dalam kurun waktu ini.

"Badai petir akan berlanjut di sebagian besar wilayah di Kerajaan mulai dari Ahad 1 Januari, hingga Jumat 6 Januari 2023," tulis NCM dalam akun Twitter mereka, dikutip di Arab News, Selasa (3/1/2022).

Baca Juga

NCM pun meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, meramalkan hujan lebat di Mekkah, Madinah dan wilayah Perbatasan Utara mulai dari Ahad malam. Kelas tatap muka tetap ditangguhkan pada Senin dan Selasa di semua sekolah di Makkah, Jeddah dan Rabigh.

Dalam laporan hariannya Senin (2/1/2022) kemarin, NCM mengatakan hujan petir sedang dan deras ,disertai angin aktif diperkirakan akan turun di beberapa bagian wilayah Asir, Baha, Makkah dan Madinah. "Hal ini meluas ke beberapa bagian Qassim, Hail, Tabuk, Perbatasan Utara dan wilayah Jouf,” lanjutnya.

 

Langit sebagian akan berawan, dengan kemungkinan badai petir disertai angin aktif di beberapa bagian Riyadh dan Provinsi Timur. Kondisi tersebut juga akan melanda beberapa bagian wilayah Najran dan Jizan.

Tidak hanya itu, Pusat  Meteorologi Nasional juga melaporkan beberapa wilayah tinggi di Tabuk dan bagian utara Kerajaan dapat menyaksikan hujan salju.

Di sisi lain, Direktorat Pertahanan Sipil Riyadh mendesak warga untuk berhati-hati di tengah cuaca buruk. Mereka telah mengirimkan pesan, yang mengatakan  wilayah tersebut diprediksi mengalami hujan lebat dari Ahad hingga Rabu (4/1) esok.

“Pertahanan Sipil meminta semua orang untuk mengambil tindakan pencegahan, mematuhi instruksinya dan menjauh dari lembah, aliran air deras, bendungan, kolam air, tiang lampu dan ruang kendali listrik. Kerja sama Anda adalah dukungan kami, dan keselamatan Anda adalah tujuan kami,” kata mereka.

Mengingat kondisi cuaca buruk yang terus berlanjut, sekolah dan universitas di Riyadh akan beroperasi secara virtual pada hari ini, Selasa (3/1/2022). 

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2225661/saudi-arabia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement