Kamis 05 Jan 2023 07:00 WIB

Arab Saudi Luncurkan Layanan ID Digital untuk Keluarga Ekspatriat

Ekspatriat menyambut baik layanan dari Arab Saudi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Arab Saudi Luncurkan Layanan ID Digital untuk Keluarga Ekspatriat. Foto:  Pemandangan Kota Riyadh, Arab Saudi pada 21 Juni 2020.
Foto: Reuters
Arab Saudi Luncurkan Layanan ID Digital untuk Keluarga Ekspatriat. Foto: Pemandangan Kota Riyadh, Arab Saudi pada 21 Juni 2020.

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Direktorat Jenderal Paspor Saudi (Jawazat) Arab Saudi telah meluncurkan layanan dokumen identifikasi digital. Layanan tersebut disediakan untuk anggota keluarga ekspatriat yang tinggal di Kerajaan.

Layanan baru ini disebut tersedia melalui platform Absher Kementerian Dalam Negeri. "Layanan dokumen digital melalui platform Absher memungkinkan Anda menampilkan identitas penduduk digital anggota keluarga," tulis Jawazat dalam akun Twitter, dikutip di Arab News, Kamis (5/1/2023).

Baca Juga

Pejabat Direktorat pun menunjukkan foto digital anggota keluarga ekspatriat dapat digunakan di mana saja di negara ini, untuk memverifikasi ID. Upaya tersebut juga membantu menghilangkan kebutuhan untuk membawa kertas identifikasi.

Seorang ekspatriat India yang bekerja di Riyadh, Mohammed Serajudduin, menyambut baik layanan baru tersebut. Hal ini dinilai akan sangat memudahkan mereka.

“Pasti akan memudahkan, sekarang tidak perlu membawa kartu. Tidak akan ada lagi kekhawatiran akan kehilangannya karena akan tersedia di smartphone, hanya dengan sekali klik,” ujarnya.

Sebagai bagian dari Forum Absher 2022 kedelapan baru-baru ini, Jawazat meluncurkan beberapa layanan elektronik baru untuk warga negara dan ekspatriat. Langkah tersebut dilakukan untuk menghindari keharusan mereka mengunjungi kantor Jawazat secara langsung.

Keamanan Publik Saudi juga meluncurkan layanan daring untuk melaporkan kendaraan curian selama forum. Adanya layanan elektronik memungkinkan warga dan penduduk untuk melaporkan kendaraan curian secara daring, tanpa perlu mengunjungi kantor polisi.

Setelah masuk ke platform Absher, pengguna harus memilih layanan dari tab kendaraan, lalu memilih kendaraan yang akan dilaporkan dicuri dan memilih layanan untuk pelaporan.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2226391/saudi-arabia

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement