Arab Saudi Mulai Pekerjaan Arkeologi di King Khalid Royal Reserve

Kamis , 12 Jan 2023, 14:22 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Situs arkeologi di King Khalid Royal Reserve
Situs arkeologi di King Khalid Royal Reserve

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Proyek penelitian di lingkup Cagar Kerajaan Raja Khalid tengah berlangsung. Pekerjaan ini sekaligus bertujuan untuk melindungi, merehabilitasi, dan mengembangkan warisan nasional.

 

Terkait

Proyek yang berjalan selama satu bulan ini dilakukan oleh Otoritas Pengembangan Cagar Alam Kerajaan Imam Abdulaziz bin Mohammed Arab Saudi. Tidak hanya melakukan penelitian, pihaknya juga berupaya untuk mendokumentasikan situs budaya tersebut.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Kamis (12/1/2023), proyek ini diluncurkan bekerja sama dengan Komisi Warisan dan dalam pelaksanaan nota kesepahaman antara kedua pihak.

Sebuah tim spesialis ilmiah dibentuk untuk memulai penelitian. Mereka akan mendokumentasikan barang antik dan warisan dan mulai mensurvei area arkeologi dalam lingkup Cagar Kerajaan Raja Khalid. Sejauh ini, tercatat lebih dari 200 situs telah disurvei.

Pihak berwenang menegaskan, Cagar Alam Kerajaan Raja Khalid merupakan peninggalan sejarah. Di dalamnya mencakup sejumlah situs arkeologi, termasuk situs seni cadas, instalasi batu, serta beberapa istana bersejarah.

Adanya proyek ini bertujuan untuk mendokumentasikan, melindungi dan mengembangkan warisan nasional, sekaligus meningkatkan kesadaran di lingkungan sekitarnya.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2230961/saudi-arabia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini