Sabtu 04 Feb 2023 12:05 WIB

Masjidil Haram Sediakan Area Sholat Khusus untuk Lansia

Area sholat khusus lansia berada di lantai dasar di sebelah Gerbang No. 88.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Pengurus Dua Masjid Suci telah mengalokasikan pintu masuk dan tempat sholat khusus bagi penyandang disabilitas di Masjidil Haram. Masjidil Haram Sediakan Area Sholat Khusus untuk Lansia
Foto: SPA
Pengurus Dua Masjid Suci telah mengalokasikan pintu masuk dan tempat sholat khusus bagi penyandang disabilitas di Masjidil Haram. Masjidil Haram Sediakan Area Sholat Khusus untuk Lansia

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Area sholat khusus telah dirancang untuk wanita lanjut usia (lansia) di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan layanan yang ditawarkan kepada jamaah.

 

Baca Juga

Presidensi Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengatakan telah mengalokasikan area sholat di lantai dasar Masjidil Haram di sebelah Gerbang No. 88 yang dilengkapi dengan semua layanan yang diperlukan.

 

 

Area sholat untuk lansia tersebut dibuka oleh wakil kepala kepresidenan untuk layanan sosial dan kemanusiaan wanita, Abeer bit Mohammad. Ia mengatakan pembukaan fasilitas tersebut bertujuan memastikan kenyamanan bagi jamaah wanita tua dan memberi mereka akses mudah ke layanan.

 

“Penentuan tempat sholat untuk wanita lanjut usia merupakan langkah untuk meningkatkan layanan yang disediakan bagi jamaah yang menuju Masjidil Haram,” kata Abeer bit Mohammad, seperti dilansir Gulf News pada Sabtu (4/2/2023).

 

Dalam acara peluncuran fasilitas itu, jamaah yang berada di area sholat diberikan makanan, air zamzam, dan mushaf Alquran. Otoritas yang bertanggung jawab atas Masjidil Haram telah mengalokasikan area sholat untuk jamaah yang memiliki keterbatasan fisik dan menyediakan semua layanan yang dibutuhkan oleh orang-orang dengan keterbatasan gerak, pendengaran atau penglihatan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan mereka.

 

Dalam langkah terbarunya untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) di Masjidil Haram, Arab Saudi September lalu meluncurkan robot untuk pengajian dan khutbah Alquran untuk melayani umat.

 

Robot menampilkan barcode yang memungkinkan pengguna mengunduh layanan mereka di smartphone pribadi atau menekan perintah pada robot untuk mengakses informasi tentang imam sholat, muazin, jadwal mingguan termasuk nama ulama yang menyampaikan khutbah Jumat mingguan.

 

Dalam beberapa bulan terakhir, serangkaian robot telah diluncurkan ke Masjidil Haram untuk memberikan fatwa, sterilisasi, dan membersihkan atap Ka'bah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement