Kamis 09 Feb 2023 13:39 WIB

Masjid Baltimore Bantu Lansia dengan Anggun di Rumah

Penelitian menunjukkan lansia merasa kesepian.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Masjid Baltimore Bantu Lansia dengan Anggun di Rumah. Foto:  Lansia (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Masjid Baltimore Bantu Lansia dengan Anggun di Rumah. Foto: Lansia (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,WASHINGTON — Para peneliti di National Institutes of Health menemukan pada tahun 2020, bahwa di antara manula yang tinggal di rumah mereka sendiri, 25 persen menderita kesepian yang terus-menerus. Untuk mengatasi kesepian itu, sebuah desa komunitas di Islamic Society of Baltimore menyediakan area yang hangat dan ramah bagi para lansia.

“Jika Anda sudah pensiun, dan anak-anak Anda sudah dewasa, Anda bisa berakhir hanya duduk di rumah sepanjang hari tanpa melakukan apa-apa, bahkan mungkin mengalami depresi,” kata Tariq Randhawa (66 tahun) seorang pensiunan petugas koreksi yang tinggal di Catonsville.

Baca Juga

“Lebih baik aktif, keluar rumah dan bertemu teman. Ini sangat bagus untuk kita semua,” tambahnya dilansir dari About Islam, Kamis (9/2/2023).

Diluncurkan hampir satu dekade yang lalu, pusat aktivitas Golden Age Village kini memiliki anggota lebih dari 200 pria dan wanita.

Keberagaman

Desa ini adalah salah satu dari 17 organisasi akar rumput serupa di Maryland dan 280 di Amerika Serikat, dan merupakan organisasi yang sangat beragam. Anggotanya beragam, ada yang berasal dari India, Pakistan, Bangladesh, Tunisia, dan 24 negara lainnya, bahkan pusat tersebut mungkin melayani persentase imigran yang lebih besar daripada yang lain.

Meski terletak di dalam masjid, pusat itu menyambut orang-orang dari semua agama, menurut Wajiha Farooqi dari Catonsville, seorang sukarelawan yang bekerja di pusat itu beberapa hari dalam seminggu.

“Orang-orang beriman itu seperti satu tubuh. Ketika salah satu anggota tubuh menderita, seluruh tubuh menderita. Jadi kita semua saling menjaga,” kata Farooqi mengutip kutipan dari Hadits, kumpulan riwayat tentang Nabi Muhammad.

Konsep memberikan bantuan untuk manula bukanlah hal baru bagi Islamic Society of Baltimore, sebuah komunitas yang melayani sekitar 3.000 orang. Layanan bantuan ini telah dimulai sejak awal 2000-an ketika sekelompok orang dewasa muda, menyadari bahwa pendiri masjid mencapai usia pensiun, mulai menawarkan kunjungan rumah, transportasi, dan sumber daya lainnya.

Muslim diperintahkan untuk membantu orang tua mereka, terutama ketika mereka tumbuh dewasa. Allah menyebutkan dalam firman-Nya, bahwa berbakti kepada orangtua adalah kewajiban bagi setiap muslim setelah tauhid, beriman kepada Allah.

“Dan rendahkanlah dirimu kepada keduanya dengan penuh kasih  sayang, dan katakanlah: ‘wahai Tuhanku! Sayangilah mereka sebagaimana mereka mendidik aku ketika aku masih kecil.” (QS Al Isra ayat 24)

“Tuhanmu telah memerintahkan, agar kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah berbuat baik kepada orang tua. Jika salah satu dari mereka atau keduanya mencapai usia tua bersamamu, maka sekali-sekali jangan katakan 'Ah' kepada mereka dan jangan membentak mereka, dan ucapkanlah kata-kata yang ramah kepada mereka. (QS Al Isra ayat 23).

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement