Kamis 16 Feb 2023 15:58 WIB

UEA akan Uji Coba Robot Pintar Pengiriman Makanan

Robot pintar bukanlah hal baru di kancah teknologi Dubai.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Robot pintar untuk pengiriman makanan di Uni Emirat Arab (UEA) bernama Talabots. UEA akan Uji Coba Robot Pintar Pengiriman Makanan
Foto: Al Arabiya
Robot pintar untuk pengiriman makanan di Uni Emirat Arab (UEA) bernama Talabots. UEA akan Uji Coba Robot Pintar Pengiriman Makanan

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Uni Emirat Arab (UEA) meluncurkan robot pengiriman makanan otonom bernama Talabot untuk mencapai logistik jarak jauh yang lebih efisien. Ini merupakan program percontohan di lingkungan Dubai.

Robot tersebut akan melakukan perjalanan dalam radius tiga kilometer dari Pusat Perbelanjaan Cedre selama 15 menit pengiriman. Uji coba akan melihat tiga Talabots di sekitar komunitas Cedre Villas Dubai Silicon Oasis (DSO), zona bebas milik pemerintah dan taman teknologi terintegrasi di pusat ekonomi UEA.

Baca Juga

“Mengenai keamanan dan privasi, robot yang akan dikerahkan akan melindungi identitas orang dengan mengaburkan wajah tanpa fitur deteksi pengenalan wajah," kata RTA dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Al Arabiya, Kamis (16/2/2023).

Robot dilengkapi dengan sensor yang dapat mengukur sekelilingnya dan mendeteksi penghalang diam dan bergerak di jalannya. Peluncuran ini dilaporkan sebagai hasil langsung dari Dubai World Challenge for Self-Driving Transport

Langkah tersebut dilakukan saat Dubai berupaya beralih ke transportasi cerdas tanpa pengemudi, dengan tujuan menutupi 25 persen opsi mobilitasnya saat ini menjadi alternatif otonom pada 2030. Tahun lalu, Otoritas Jalan dan Transportasi Dubai mulai memetakan jalan kota secara digital, mengumpulkan data untuk kendaraan self-driving Cruise menjelang peluncuran komersialnya yang diharapkan tahun ini.

Pada Oktober tahun lalu, sebuah mobil terbang dengan dua tempat duduk melayang di atas cakrawala Dubai selama Gitex 2022. Acara teknologi unggulan tahunan kota tersebut adalah harapan bagi perjalanan demonstrasi masa depan dan merupakan ambisi kota yang cerdas dan tanpa pengemudi untuk solusi mobilitas.

Kendaraan tak berawak itu menyelesaikan uji terbang bersejarah selama 90 menit melonjak di atas kerumunan penonton. Robot pintar bukanlah hal baru di kancah teknologi Dubai.

Selama Pameran Internasional unggulan 2020, Terminus mengerahkan lebih dari 150 robot yang dapat diprogram untuk berinteraksi dengan pengunjung di acara besar tersebut. Berperan sebagai duta niat baik, robot ramah anak ini menampilkan layar multi-sentuh, kemampuan jaringan 5G, pemetaan objek berbasis AI, dan deteksi objek.

Saat itu, Talabat bermitra dengan Terminus dan meluncurkan robot pengiriman makanan otonom untuk pengiriman dari titik ke titik. Robot-robot itu dirancang untuk mengantarkan pesanan dari cloud kitchen berlantai dua Talabat untuk pelanggan di titik pengiriman yang ditentukan di lokasi Expo.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement