Senin 20 Feb 2023 01:25 WIB

Tujuh Panduan Haji Lengkap Untuk Jamaah

Haji dapat didefinisikan sebagai pengalaman spiritual tahunan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Tujuh Panduan Haji Lengkap Untuk Jamaah. Foto:  Jamaah haji sedang melaksanakan shalat wajib di Masjidil Haram pada musim haji 1440 H / 2019 M (Ilustrasi).
Foto:

Langkah 3: Mina ke Arafah, Hari ke-9 Dzulhijjah

Pada pagi hari kedua haji yaitu tanggal 9 Dzulhijjah, jamaah mulai berjalan menuju Arafah sambil membaca Talbiyah dengan suara keras. Peziarah Muslim melakukan Zuhrain, kombinasi sholat Dzuhur dan Ashar dengan sholat Qasar setelah mencapai gunung Arafah. Ini dikenal sebagai Waquf, tindakan berdiri di hadapan Allah (SWT) dan diamati di dekat Jabal al-Rahmah dari siang hingga matahari terbenam.

Terletak 14,4 km dari Mina, Gunung Rahmat atau Jabal al Rahmah di Arafah adalah tempat Nabi Muhammad SAW tercinta menyampaikan khotbah terakhir.

Langkah 4: Muzdalifah

Tujuan jamaah haji berikutnya adalah Muzdalifah, sebuah kota kecil yang terletak di antara Mina dan Gunung Arafat. Saat tiba saat matahari terbenam di halaman Muzdalifah, para peziarah melakukan Maghribaenm atau sholat gabungan Maghrib dan Isya. Muslim menghabiskan satu malam penuh di bawah langit terbuka dan mengumpulkan 49 kerikil dengan ukuran yang sama untuk ritual Rami (rajam setan). Mereka kemudian meninggalkan kota Muzdalifah pada pagi hari tanggal 10 Dzulhijjah.

Tawaf Al Ifadah dan Sa'i

Para peziarah sekarang kembali ke Makkah untuk melakukan Tawaf al-ifadah dan Sa'I, tindakan berlari antara bukit Safa dan Marwa. Setelah selesai, umat Islam kemudian kembali ke Mina untuk melakukan tindakan Rami, Nahr, dan Halq.

Langkah 5: Rami (lempar jumroh)

Saat tiba di Mina, jemaah melakukan aksi Rami dengan melempari Jamraat al-Aqabah. Tujuh batu dilemparkan ke struktur kolom. Rajam Jamrat dilakukan untuk mengenang tindakan Nabi Ibrahim (AS) ketika setan mencoba mencegahnya dari mengikuti perintah Allah (SWT). Sebagai jawaban, Nabi Ibrahim (AS) melemparkan kerikil kecil untuk mengusir setan. Rami harus dilakukan pada siang hari setiap hari. Rami dilakukan pada tanggal 11 dan 12 Dzulhijjah.

Langkah 6: Nahr

Setelah Rami selesai, pada tanggal 12 Dzulhijjah, jamaah Muslim dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban; itu bisa berupa unta atau domba. Untuk ini, jamaah dapat membeli kupon atau voucher kurban, yang menyatakan bahwa kurban telah dilakukan atas nama mereka. Daging hewan kurban harus dibagikan kepada yang membutuhkan.

Halq dan Taksir

Halq berarti mencukur rambut, sedangkan taqsir berarti memendekkan atau menggunting rambut. Setelah melakukan kurban suci, peziarah laki-laki disarankan untuk mencukur habis atau memotong rambut mereka. Meskipun dilarang mencukur rambut mereka, wanita disarankan untuk memotong sehelai atau seikat rambut mereka. Tindakan Halq dan Taqsir melambangkan pengabdian penuh seorang Muslim kepada Allah (SWT) dan pelepasan dari penampilan duniawi.

Langkah 7: Tawaf Perpisahan

Peziarah Muslim melakukan tawaf di sekitar Ka'bahSetelah menyelesaikan ritual, peziarah kembali ke Kabah Suci di Makkah untuk melakukan "Tawaf al-Ifadah," juga dikenal sebagai "Tawaf Perpisahan," diikuti oleh Sa'I. Meski secara resmi menandai akhir haji, banyak peziarah juga mengunjungi Madinah sebelum pulang.

Mengapa Muslim Mengelilingi Ka'bah 7 Kali?

Tidak ada penjelasan khusus mengapa umat Islam mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali. Sama seperti umat Islam yang disarankan untuk beribadah lima kali sehari, mereka juga diperintahkan untuk mengelilingi Kabah selama tujuh putaran saat melakukan umrah atau haji. Namun, tindakan Thawaf adalah cerminan dari gagasan bahwa kehidupan seorang Muslim seharusnya hanya berkisar pada menaati perintah Allah (SWT) dan mengikuti Sunnah Nabi Muhammad (SAW).

Ringkasan: Tujuh Langkah Haji

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam yang penting. Menjadi wajib bagi setiap Muslim, disarankan agar melaksanakan ibadah haji setidaknya sekali oleh Muslim yang mampu secara finansial dan fisik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement