Kamis 23 Feb 2023 01:05 WIB

Mengenal Sosok Pendiri Pertama Negara Arab Saudi, Imam Muhammad Bin Saud

Dia berkontribusi untuk mengendalikan situasi di emirat sebelum dia berkuasa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim dari berbagai negara mencoba mendaki ke atas Jabal Rahmah di Mekkah, Arab Saudi, Sabtu (3/12/22022). Mengenal Sosok Pendiri Pertama Negara Arab Saudi, Imam Muhammad Bin Saud
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Umat muslim dari berbagai negara mencoba mendaki ke atas Jabal Rahmah di Mekkah, Arab Saudi, Sabtu (3/12/22022). Mengenal Sosok Pendiri Pertama Negara Arab Saudi, Imam Muhammad Bin Saud

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Imam Muhammad Bin Saud Bin Muhammad Bin Muqrin lahir pada 1090 H/1679 M dan dibesarkan di Diriyah. Di masa mudanya, dia adalah pengamat yang baik dari situasi di emirat.

Dia bekerja bersama ayahnya dan dia berpartisipasi dalam pembelaannya ketika diserang oleh Saadoun Bin Muhammad, pemimpin suku Bani Khalid. Dia berdiri teguh dan mengalahkan agresor.

Baca Juga

Imam Muhammad dikenal karena religiusitasnya, cinta kebaikan, keberanian, dan kemampuan untuk mempengaruhi. Seperti para pendahulunya yang membangun negara-kota, ia ingin memperluas negaranya, dan asumsi kekuasaannya datang dalam keadaan luar biasa.

Selama periode sebelum aksesinya, Diriyah mengalami kelemahan dan perpecahan karena konflik internal antara pamannya Muqrin Bin Muhammad dan Pangeran Zaid Bin Markhan, serta serangan Diriyah terhadap Al-Uyaynah dan pembunuhan Pangeran Zaid Bin Markhan. Ini selain penyebaran penyakit wabah di semenanjung. Tetapi imam mengatasi semua ini dan menyatukan Diriyah di bawah pemerintahannya, dan mengkonsolidasikan stabilitas di wilayah Al-Arid.

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (22/2/2023), dia belajar politik dan metode berurusan dengan emirat tetangga dan klan bergerak. Dia berkontribusi untuk mengendalikan situasi di emirat sebelum dia berkuasa. Dia juga memiliki visi cerdas yang memungkinkannya mengetahui kondisi emiratnya dan emirat di sekitarnya.

Sejak dia berkuasa, dia mulai merencanakan perubahan pola yang berlaku pada waktu itu, dan meletakkan dasar untuk jalan baru dalam sejarah wilayah tersebut, diwakili oleh persatuan, pendidikan, menyebarkan budaya, meningkatkan komunikasi antara anggota masyarakat dan menjaga keamanan. Dia memiliki empat putra, Abdul Aziz, Abdullah, Saud, dan Faisal.

Imam Muhammad Bin Saud mengambil alih kekuasaan setelah kampanye Al-Uyaynah pada pertengahan 1139 H/Februari 1727 M. Emir Diriyah Zaid Bin Markhan memutuskan untuk melancarkan kampanye melawan Al-Uyaynah, tetapi penguasa Al-Uyaynah Muhammad Bin Hamad Bin Muammar menyadari ia tidak akan dapat mengusir kampanye tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement