Ahad 07 May 2023 08:36 WIB

Kemenag Pastikan Petugas Haji Siap Layani Jamaah Lansia

Tema haji tahun ini adalah ramah lansia.

Ilustrasi jamaah haji.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, Kemenag Sulbar Sampaikan Pelaksanaan Haji Ramah Lansia

MAMUJU -- Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyampaikan pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ramah terhadap jamaah haji lanjut usia (lansia).

Baca Juga

"Tema pelaksanaan haji tahun ini Ramah Lansia, dengan meningkatkan kinerja petugas layanan kepada jamaah haji lansia," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulbar Syafrudin Baderung di sela manasik haji di Masjid Agung Syuhada Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sabtu (6/5/2023).

Jamaah haji Kabupaten Polman yang diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini sebanyak 495 orang, terdiri atas laki-laki 151 orang dan perempuan 344 orang.

Menurut dia, setelah tertunda karena pandemi, jamaah haji lansia tahun ini jumlahnya meningkat signifikan, termasuk di Sulbar yakni mencapai 67.000 atau sekitar 30 persen dari total kuota jamaah haji Indonesia.

Sehingga, langkah mitigasi layanan jamaah lansia dengan menyiapkan struktur khusus dalam organisasi Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH).

"Petugas haji ramah lansia siap melayani jamaah setiap saat, karena jamaah haji lansia membutuhkan perhatian khusus dari semua pihak, khususnya pemerintah yang berkewajiban melindungi dan melayani jamaah hajinya," ujarnya.

Ia menyampaikan panitia haji menyiapkan buku panduan manasik haji dan umrah ramah lansia dalam pelaksanaan manasik jamaah lansia di setiap Kabupaten di Sulbar, dan akan diberikan beragam kemudahan dalam beribadah haji.

"Haji merupakan kewajiban bagi umat Islam dan harus dilakukan bila mampu, dan pemerintah itu tidak pernah mempersulit perhajian," ucapnya.

Kakanwil juga mengingatkan kepada para calon jamaah haji di seluruh wilayah Sulbar agar ketika berangkat ke Tanah Suci membawa barang yang penting saja, serta mendengarkan arahan yang diberikan oleh para pendamping atau petugas haji.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement