Sabtu 27 May 2023 23:28 WIB

Penyerahan Paspor ke Petugas untuk Layanan Menuju Makkah

Jamaah diminta tak ragu serahkan paspor ke petugas agar bisa masuk Makkah.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Muhammad Hafil
Proses penginputan paspor untuk persiapan menuju kota Makkah.
Foto: Republika/Agung Sasongko
Proses penginputan paspor untuk persiapan menuju kota Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID,MADINAH -- Jamaah haji Indonesia tidak perlu khawatir soal kewajiban menyerahkan paspor usai tiba di Tanah Air. Selain aman, penyerahan paspor itu dimaksudkan untuk layanan di Makkah.

Kasi Layanan Keberangkatan dan Kepulangan Cecep Nurmansyah mengakui masih ada jamaah yang enggan menyerahkan. Penolakan itu dinilainya lantaran jamaah belum paham dengan mekanisme yang perlu dijalankan sebelum nantinya jamaah menuju Makkah.

Baca Juga

"Kami bagi jamaah yang belum menyerahkan paspor untuk segera dilakukan jika memang jamaah ingin terus bersama rombongan menuju Makkah," papar dia saat meninjau persiapan pengelompokan paspor, Sabtu (27/5/2023).

Sebab, katanya, ketika jamaah menyerahkan paspor nantinya akan diinput datanya di Daker dan muassasah yang kemudian diteruskan untuk menentukan kapan jamaah berangkat ke Makkah, bus apa yang akan digunakan saat menuju Makkah, dan di hotel mana jamaah akan menginap.

 

"Kalau tidak ada, maka jamaah tidak akan bisa masuk Makkah," ungkapnya.

Bagaimana jika hilang?

Cecep mengatakan, kehilangan tersebut akan diurus oleh Kemenlu yang kemudian akan mengeluarkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement