Senin 26 Jun 2023 09:05 WIB

Riyadh Exhibition Pamerkan Artefak Langka Haji dan Dua Masjid Suci

Musim haji tahun ini dipenuhi jamaah dari berbagai kawasan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz di Riyadh menyelenggarakan pameran dokumen sejarah dan artefak yang berkaitan dengan Haji dan Dua Masjid Suci.
Foto:

Perpustakaan ini memiliki arsip foto yang besar dan yang paling langka di dunia. Hal ini mencakup 8.100 foto yang diambil oleh fotografer paling terkenal di Timur, wilayah Arab, serta dunia Islam sejak tahun 1740.

Manuskrip yang ditampilkan oleh perpustakaan termasuk “Qurat al-Ain dalam deskripsi Dua Masjid Suci", “Kitab anekdot dan penjelasan tentang 30 masalah", “Pertanian perbuatan baik", "Penjelasan panduan kebajikan", serta koleksi salinan mushaf Alquran yang disiapkan di Dua Masjid Suci.

Dalam pameran ini, pihak perpustakaan juga menampilkan buku manuskrip langka berjudul: “Sajiat Al-Haram” dan manuskrip lain yang ditulis oleh Imam Al-Suyuti.

Patut dicatat bahwa Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz baru-baru ini menyelenggarakan beberapa pameran kualitatif, terutama Pameran Kaligrafi Arab; Pameran Koin Arab dan Islam Sepanjang Zaman; Pameran Alquran Langka, serta pameran lain yang menampilkan contoh artefak langka.

 

Perpustakaan ini disebut juga memiliki fungsi untuk menghubungkan pembaca, peneliti dan mereka yang peduli dengan warisan Arab dan Islam, dari berbagai usia secara komprehensif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement