Kamis 29 Jun 2023 17:29 WIB

Masjidil Haram Dipenuhi Lautan Muslimah Berpakaian Serba Hitam, Ada Apa?

Wanita Makkah selalu menjaga agar Masjidil Haram tidak sepi jamaah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Masjidil Haram di Makkah menyaksikan lonjakan jamaah wanita pada hari pertama dan kedua haji, yang dikenal sebagai hari Khullaif. Mereka berpakaian serba hitam.
Foto:

Adapun nama hari yang luar biasa ini bervariasi. Salah satunya adalah Mo'nesat Al-Haram yang berarti wanita yang memanusiakan Masjidil Haram agar tidak sepi dari manusia. Namun, kebanyakan orang menyebutnya sebagai hari Khullaif.

Menurut informasi yang ada, disebut hari Khullaif karena para wanita, saat menjalankan tugasnya di Masjidil Haram, juga memantau pria yang tidak menunaikan haji atau pergi melayani jamaah. Khullaif dalam bahasa Arab berasal dari kata “Takhallaf” yang berarti orang yang ketinggalan atau gagal melakukan sesuatu.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh saluran Al Arabiya pada Haji 2023, Khadija Nazim mengatakan dia datang ke Masjidil Haram di Makkah pada Hari Khullaif selama 35 tahun terakhir. Ini membuatnya merasa nyaman dan sangat bangga di hari suci ini, Hari Arafah.

Amalan tahunan ini sempat terhenti di tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19. Namun, tahun ini para wanita yang berpakaian serba hitam kembali memenuhi Masjidil Haram.

Hari ini adalah kesempatan yang sangat langka dan unik bagi mereka untuk mendekati Ka'bah dan mencium Hajar Aswad karena tempat itu bebas dari keramaian jamaah haji.

photo
Infografis Alur Rencana Perjalanan Haji 2023 - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement