Selasa 11 Jul 2023 20:48 WIB

Ratusan Jamaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat di Tanah Suci, Terbanyak se-Indonesia

Jumlah jamaah haji Embarkasi Surabaya yang wafat mencapai 114 orang.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil
Pemakaman Jannatul Mala di Makkah.
Foto: dok. Tim MCH
Pemakaman Jannatul Mala di Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram mengungkapkan, jumlah jamaah haji Embarkasi Surabaya yang wafat mencapai 114 orang. Dari jumlah keseluruhan, jamaah haji Embarkasi Surabaya yang wafat di Arab Saudi sebanyak 112 orang. Kemudian ada satu orang yang wafat di tanah air, dan satu orang sisanya wafat di pesawat terbang.

"Untuk yang wafat seluruh Embarkasi Surabaya itu ada 114 orang. Ini jumlah terbesar di Indonesia mencakup 22 persen. Kalau se-Indonesia 530 orang, se-Embarkasi Surabaya 114 orang," kata Maram, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga

Maram melanjutkan, jika dirinci lagi, 111 orang jamaah haji Embarkasi Surabaya yang wafat berasal dari Jawa Timur. Kemudian ada tiga jamaah haji yang wafat berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dari keseluruhan jamaah haji yang wafat, 68 di antaranya berjenis kelamin laki-laki 46 perempuan.

Maram melanjutkan, untuk rata-rata usia jamaah haji Embarkasi Surabaya yang meninggal, paling banyak berusia 61-75 tahun yang mencapai 54 orang. Kemudian untuk yang masuk kategori usia 75 tahun ke atas atau Lansia sebanyak 39 orang.

"Selanjutnya untuk rata-rata usia 41-50 tahun ada empat orang, dan usia 51-60 tahun ada 17 orang. Jadi bukan jamaah Lansia juga banyak meninggal," ujar Maram.

Selain jamaah meninggal, ada juga jamaah haji Embarkasi Surabaya yang hilang di Arab Saudi. Jamaah haji yang hilang tersebut bernama Niron Sunar Sunnah yang tergabung dalam Kloter 65 asal Kabupaten Probolinggo. Maram mengungkapkan, yang bersangkutan hilang setelah melaksanakan ibadah lempar Jumrah di Mina.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement