Rabu 30 Aug 2023 15:46 WIB

Diplomat Arab Sebut Kebocoran Libya Ganggu Upaya Normalisasi Israel

Israel baru-baru ini menormalisasi hubungan dengan sejumlah negara Arab.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Tepi Barat, Nablus.
Foto:

Mangoush telah meninggalkan negara tersebut, dilaporkan demi keselamatannya sendiri, meskipun keberadaannya saat ini tidak diketahui. Setelah masalah ini terungkap, Perdana Menteri Libya Abdul Hamid Dbeibeh mengunjungi kedutaan Palestina di Tripoli untuk meminta maaf atas pertemuan tersebut dan menegaskan kembali dukungan negaranya terhadap perjuangan Palestina.

AS berada di balik dorongan Arab Saudi untuk menjalin hubungan dengan Israel, meskipun Riyadh bersikeras bahwa mereka tidak akan menormalisasi hubungan tanpa terbentuknya negara Palestina yang merdeka. Cohen tampaknya berusaha meyakinkan lebih banyak negara untuk menjalin hubungan dengan Israel atau memperkuat hubungan setelah serangkaian kunjungan ke negara-negara Afrika dan Amerika Selatan

Dia baru-baru ini mengumumkan Sierra Leone dan Paraguay akan membuka kedutaan besar di Yerusalem yang melanggar konsensus internasional setelah kunjungannya ke sana. Banyak dari pengumuman ini tampaknya dibuat pertama kali oleh Cohen.

Pemimpin oposisi Israel Yair Lapid juga mengecam kebocoran yang menyebabkan Mangoush kehilangan pekerjaannya dan menyalahkan kurangnya pengalaman Cohen sebagai diplomat tertinggi negara tersebut.

“Negara-negara di seluruh dunia pagi ini melihat kebocoran pertemuan menteri luar negeri Israel dan Libya yang tidak bertanggung jawab dan bertanya pada diri mereka sendiri: Apakah ini negara yang bisa menjalin hubungan luar negeri? Apakah ini negara yang bisa dipercaya?” dia berkata.

"Inilah yang terjadi ketika Eli Cohen, seorang pria tanpa latar belakang apa pun di bidangnya, diangkat menjadi menteri luar negeri hanya untuk satu tahun," kata Lapid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement