Ahad 28 Jan 2024 04:10 WIB

Siapa Orang Pertama yang Berhaji di Era Kerajaan Nusantara?

Mereka menggunakan kapal dagang atau kapal layar yang singgah di pelabuhan besar.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Ani Nursalikah
Suasana Makkah di masa puncak musim haji tempo dulu
Foto:

Di masa kepemimpinan Sunan Gunung Jati, Walisongo semakin intensif melakukan syiar Islam di Tanah Jawa khususnya Pasundan. Kesultanan Cirebon semakin maju menjadi sebuah kota dengan pelabuhan besar dan menjadi melting point berbagai budaya dan suku dari mancanegara.

Bahkan Laksamana Cheng Ho (Cheng Hwa) tercatat pernah bertandang ke negeri Cirebon. Umat Islam berangkat haji melalui pelabuhan Cirebon, transit di Batavia, Aceh dan Yaman sebelum kemudian tiba di Tanah Suci Makkah.

Di era sekarang, pemerintah masing-masing negara berkoordinasi dengan pemerintah atau kerajaan Arab Saudi untuk memfasilitasi perjalanan ibadah haji umat Islam. Di Indonesia sekarang, ada BPKH yang mengelola keuangan haji. Sehingga nilai manfaat dari pengelolaan keuangan haji tersebut dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji.

 

BPKH terus berupaya meningkatkan nilai manfaat dari pengelolaan keuangan haji melalui investasi. Tujuannya untuk menjaga keberlanjutan keuangan haji ke depannya. BPKH juga menyampaikan akumulasi nilai manfaat akhir tahun 2023 yakni Rp 14,32 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement