Ahad 24 Dec 2023 13:00 WIB

Skuter dan Sepeda Kini Boleh Masuk Makkah dan Tempat Suci

Inisiatif ini akan diluncurkan di jalur pejalan kaki dan lingkungan sekitar.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah yang sedang mengedarai fasilitas skuter di Masjidil Haram, Makkah
Foto: Republika TV/Muhammad Hafil
Jamaah yang sedang mengedarai fasilitas skuter di Masjidil Haram, Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Komisi Kerajaan Arab Saudi untuk Kota Makkah dan Tempat Suci telah menerapkan inisiatif yang bertujuan mempromosikan penggunaan sarana transportasi ringan, termasuk skuter dan sepeda di dalam kota Makkah dan Tempat Suci.

Dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (24/12/2023), Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Tempat Suci tersebut, yang diwakili oleh Pusat Transportasi Umum di Makkah dan Tempat Suci, juga mendidik masyarakat tentang cara menggunakan kendaraan dengan aman di kota Makkah dan Tempat Suci.

Baca Juga

Pusat Transportasi Umum di Makkah dan Tempat Suci mengadakan serangkaian pertemuan motivasi, menguraikan hal-hal terpenting untuk memulai inisiatif ini. Inisiatif ini dimulai melalui kerja sama dengan mitra dari otoritas terkait di Makkah dan Tempat Suci, termasuk wali kota Makkah, Otoritas Umum Transportasi, Universitas Umm Al-Qura, dan Perusahaan Pembangunan Kidana.

Inisiatif ini akan diluncurkan di jalur pejalan kaki, lingkungan sekitar, tempat parkir, dan sekitar Gunung Al-Rahma di Arafah serta di Universitas Umm Al-Qura.

Universitas Umm Al-Qura mendukung inisiatif tersebut dengan menyediakan 30 skuter di empat stasiun di seluruh kampus universitas. Mereka menyediakan 70 skuter listrik kepada lebih dari 1.100 peserta inisiatif melalui cabang investasinya, Wadi Makkah for Technology Company.

Ini untuk berkontribusi dalam meningkatkan lingkungan universitas dan masyarakat. Ini juga memfasilitasi pengalaman ideal bagi karyawannya dan mahasiswa serta pengunjung.

Makkah secara resmi bernama Makkah al-Mukarramah adalah salah satu kota suci Islam di Arab Saudi. Makkah merupakan tempat lahir dari Nabi Muhammad SAW. Gua Hira yang terletak di atas Jabal an-Nur berada di kota Makkah. Gua Hira tersebut merupakan lokasi yang dipercaya umat Islam bahwa Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement