Rabu 12 Jan 2022 17:00 WIB

Samarkand Wajah Eksotisme di Jalur Sutra

Samarkand mewakili sejarah kota Jalur Sutra yang terkenal.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Bibi-Khanum, Samarkand, Uzbekistan.
Foto: bestourism.com/
Masjid Bibi-Khanum, Samarkand, Uzbekistan.

IHRAM.CO.ID, TASHKENT -- Sepintas, kubah pirus dan permukaan berkilau Masjid Bibi Khanym Samarkand mewakili sejarah kota Jalur Sutra yang terkenal di Uzbekistan. Di dalamnya terkandung romansa, keindahan, kesalehan, peringatan agung untuk kekayaan dan kemuliaan masa lalu Samarkand.

Dibangun pada awal abad ke-15, masjid Bibi Khanym dinamai menurut nama istri Timur, panglima perang yang dikenal di Barat sebagai Tamerlane (Timur Lenk), yang menaklukkan sebagian besar Asia sebelum kematiannya pada tahun 1405. Di bawah kubahnya, kaligrafi rumit menghiasi masjid besar itu. Gerbang dan ubin biru dan emas tersebar di dinding yang menjulang tinggi.

Baca Juga

Tapi semua belum tentu seperti yang terlihat. Salah satu kubah biru yang terkenal ini pernah retak seperti telur, yang lain benar-benar runtuh. Kini secara substansial dibangun kembali.

Beberapa kaligrafi merupakan tambahan akhir abad ke-20, sementara bagian ubin yang baru menggunakan desain modern yang meniru pola abad pertengahan dengan buruk. Bahkan dindingnya tidak seperti dulu. Seiring waktu, mereka secara ajaib menentang proses penuaan biasa dan menjadi jauh lebih tinggi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement