Sabtu 26 Nov 2022 12:20 WIB

Malaysia Mulai Selenggarakan Manasik Haji

Prioritas diberikan kepada calon jamaah yang terdaftar menunaikan haji pada 2023.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Calon jamaah haji Malaysia. Malaysia Mulai Selenggarakan Manasik Haji
Foto: Malaysian Digest
Calon jamaah haji Malaysia. Malaysia Mulai Selenggarakan Manasik Haji

IHRAM.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Lembaga Tabung Haji (TH) menyelenggarakan Kursus Dasar Haji (KAH) 1444 H/2023 M untuk calon jamaah haji di 210 masjid di Malaysia. KAH atau manasik haji mulai digelar pada 25 November 2022 hingga 17 Februari 2023.

Total akan ada 13 rangkaian kursus yang dilakukan secara bertahap di masjid-masjid yang terpilih secara nasional dengan kerja sama Departemen Agama Islam dan pengurus masjid. 

Baca Juga

"Prioritas akan diberikan kepada calon jamaah haji yang terdaftar menunaikan ibadah haji tahun 2023 dan juga yang berhalangan sebelum mengikuti penundaan ibadah haji selama dua tahun akibat Covid-19. Namun, kursus dasar ini terbuka untuk seluruh umat Islam Malaysia yang tertarik memperdalam dan membekali diri dengan ilmu terkait haji dan umroh," kata Lembaga Tabung Haji Malaysia, seperti dilansir Bernama, Sabtu (26/11/2022). 

Kursus Dasar Haji akan dilaksanakan setiap akhir pekan. Ini merupakan pelatihan haji tingkat pertama yang harus diikuti calon jamaah haji. Di antara yang diajarkan adalah menekankan filosofi haji, sejarah, dan rukun haji dan umroh, hal-hal wajib dalam haji dan umroh, hingga hal-hal yang berkaitan dengan masalah perempuan.

"Melalui KAH calon jamaah haji tidak hanya dapat belajar tentang haji, tetapi juga tentang keterampilan pribadi, termasuk tentang perawatan kesehatan dan kebersihan, selain menghargai konsep istitha'ah yang merupakan kewajiban dalam menunaikan ibadah haji," katanya.

Bagi jamaah haji yang berminat mengikuti KAH hanya perlu mendaftar di masjid-masjid dengan jadwal khusus dapat dilihat di laman resmi Lembaga Tabung Haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement