Kamis 12 Sep 2013 12:50 WIB

Berkah Pemondokan, TMII Kebanjiran Pengunjung

Rep: Hannan Putra/ Red: Hazliansyah
   Calon jamaah haji kloter 3 Embarkasi Bekasi melakukan pemeriksaan barang saat pemberangkatan dari Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/9). (Republika/Yasin Habibi)
Calon jamaah haji kloter 3 Embarkasi Bekasi melakukan pemeriksaan barang saat pemberangkatan dari Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/9). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, PONDOK GEDE -- Di musim haji 2013 ini tidak hanya Asrama Haji Pondok Gede (AHPG) yang menjadi ramai. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga menjadi ramai.

Obyek wisata yang berdekatan dengan Asrama Haji Pondok Gede (AHPG) ini jadi kebanjiran pengunjung.

Pengunjung adalah sanak keluarga atau mereka yang mengantar calon haji masuk asrama. Karena tidak diperkenankan memasuki area AHPG, banyak dari mereka yang memilih beralih ke TMI.

"Kami ingin jalan-jalan ke Taman Mini, mas. Mumpung ada kesempatan ke Jakarta," tutur Fatma, salah seorang pengantar jamaah haji kepada Republika, Kamis (12/9).

Mobil pribadi milik pengantar jamaah haji berjejer rapi mengarah ke Jalan Taman Mini 1. Beberapa diantaranya terlihat masih ditempel tulisan "Rombongan Jamaah haji Kloter 4".

Kabid Informasi TMII, Gunawan mengatakan, dijadikannya AHPG sebagai pemondokan jamaah haji kembali mendatangkan pengunjung yang relatif signifikan. Biasanya, para pengunjung hanya ramai di hari Sabtu, Ahad, dan hari-hari libur. Namun saat ini, pengunjung di hari-hari biasa juga terlihat cukup ramai.

"Sejak pemondokan di Asrama Haji, para wisatawan yang datang lumayan meningkat. Ini tentu menguntungkan kita. Tentunya kita akan menyambut mereka sebagai raja yang datang kesini," jelas Gunawan.

TMII dibuka sejak pukul 07.00 WIB Pagi hingga pukul 20.00 WIB malam. TMII sendiri mempunyai target pengunjung per tahun sebanyak 5 juta orang. Pemondokan haji setiap tahunnya di AHPD tentu menambah pemasukan tersendiri. Ditambah lagi dengan dijadikannya kembali Bandara Halim Perdana Kusumah sebagai tempat keberangkatan jamaah haji.

Gunawan mengatakan, pengantar jamaah haji juga dapat menikmati wisata religi di Baitul Qur'an dan Istiqlal di TMII.

"Disana para pengunjung bisa melihat mushaf Alquran dan manuskrip-manuskrip kuno. Juga ada Alquran berukuran raksasa dengan lebar 1 meter. Tempat ibadah juga ada Masjid Agung Diponegoro yang berada didalam lokasi TMII," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement