Senin 16 Sep 2013 17:37 WIB

Jamaah Haji Diimbau Waspadai Aksi Kriminalitas

Jamaah haji saat melaksanakan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: Antara
Jamaah haji saat melaksanakan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Cecep Kosasih, mengimbau kepada jamaah haji untuk berhati-hati terhadap tindak kriminal.

"Jamaah haji berhati-hati selama di Madinah juga Mekah. Karena berdasarkan catatan di Kementerian Agama, pada tahun lalu banyak terjadi tindak kriminal dan kejahatan," kata Cecep Kosasih di Bandung, Senin (16/9).

Cecep mengatakan berdasarkan catatan Kementerian Agama, terjadi sebanyak 256 kasus kejahatan pada tahun lalu di Masjidil Haram. "Dari kasus kejahatan tahun lalu, kerugian materil yang tercatat yaitu sebesar Rp 668 Juta. Itu karena penipuan, perampasan dan pencurian," katanya.

Untuk jamaah haji, kata Cecep diharapkan tidak mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal dan selalu berada dalam rombongan atau bepergian dengan sesama anggota rombongan atau KBIH. Jamaah juga diimbau untuk tidak terlalu banyak membawa uang.

"Uang lebih baik disimpan di rekening saja. Sudah ada empat bank yang siap disana untuk jamaah haji, bila ada keperluan tinggal mengambil melalui ATM," katanya menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement