Sabtu 12 Oct 2013 17:00 WIB

Persiapan Wukuf di Arafah Capai 90 Persen

  Jamaah haji berjalan menuju Jabal Rahmah menjelang puncak ibadah haji wukuf di padang Arafah, Makkah,Rabu (24/10) dini hari. (Hassan Ammar/AP)
Jamaah haji berjalan menuju Jabal Rahmah menjelang puncak ibadah haji wukuf di padang Arafah, Makkah,Rabu (24/10) dini hari. (Hassan Ammar/AP)

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH--Ketua Muasasah Asia Tenggara Zuhair Abdul Hamid Sedayu menjelaskan bahwa persiapan kelengkapan wukuf para calon haji di Padang Arafah, Arab Saudi sampai Sabtu sore akan mencapai 90 persen.

"Persiapan tenda, karpet, pendingin runangan, toilet dan dapur sudah mencapai 90 persen sampai sore nanti," katanya kepada Menteri Agama Suryadarma Ali saat melakukan peninjauan di Arafah, Sabtu.

Zuhair Abdul Hamid mengakui dua hari yang lalu sempat ada hujan disertai angin sehingga sejumlah tenda yang sudah dibangun menjadi roboh dan karpet menjadi basah.

"Tenda yang roboh sudah kembali dipasang, namun karena ada ramalan cuaca malam ini akan hujan. maka sebagian karpet sengaja belum dipasang hari ini," katanya yang didampingi penanggung jawab Jamaah Indonesia ,Zaini Mohamad Basnjsr.

Ia juga menjelaskan sejumlah maktab sudah dilengkapi dengan gedung toilet berlantai dua. Berdasarkan pantuam Antara, gedung toilet itu mempunyai sekitar 40 kamar dan 20 kran berwudlu. "Musim haji berikutnya setiap maktab akan dilengkapi dengan gedung toilet berlantai dua," katanya.

Ia menjelaskan bahwa kawasan Asia Tengara terdiri atas 73 maktab dan setiap maktab terdiri atas 400 tenda yang mampu menampung 3.240 jamaah. Untuk Indonesia disediakan 48 maktab di Arafah.

Terkait kesiapan penyediaan makanan, ia menjelaskan makanan akan dimasak sesuai dengan cita rasa jamaah karena juru masaknya dari Indonesia. .

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement