Rabu 16 Oct 2013 23:11 WIB

Keutamaan Masjid Quba

Rep: rosita budi suryaningsih/ Red: Damanhuri Zuhri
Masjid Quba
Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
Masjid Quba

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah pembangunan masjid ini selesai, Rasulullah SAW selalu mengimami shalat di masjid bersejarah itu selama 20 hari.

Setiap hari Sabtu, Senin, dan Kamis, Rasulullah selalu mengunjungi masjid ini. Yaitu, masjid yang dibangun pertama kali dengan tangannya sendiri.

Shalat di Masjid Quba memiliki keutamaan. Menurut hadis yang diriwayatkan Abu bin Sahl bin Hunaif radhiyallahu ‘anhum, ia pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah.”

Dalam Alquran pun hal yang sama diungkapkan, tepatnya pada surah at-Taubah ayat 108. Dalam surat tersebut dijelaskan, “.… Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.”

Laman Saudi Gazette menuliskan renovasi terus dilakukan pada Masjid Quba. Beragam proyek besar dilakukan, salah satunya adalah membuat fasilitas untuk menghubungkan Masjid Quba dengan Masjid Nabawi melalui Quba Road.

Mulai tahun depan, Pemerintah Arab Saudi akan mengakuisisi tanah-tanah yang akan termakan oleh proyek ini. Nantinya, jika proyek tersebut selesai, pintu gerbang Masjid Nabawi bisa dilihat langsung dari Masjid Quba.

Saat ini, Masjid Quba memiliki 19 pintu dengan tiga pintu utama yang ukurannya lebih besar. Dari tiga pintu ini, dua pintunya diperuntukkan keluar masuk jamaah laki-laki dan satu pintu untuk jamaah perempuan.

Selain tempat untuk melakukan shalat berjamaah, banyak fasilitas lain yang ada dalam masjid ini. Salah satunya adalah tempat untuk belajar mengajar tentang Islam. n ed: fitria andayani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement