Senin 28 Oct 2013 14:51 WIB

Kadieu, Monggo, Lebet Mawon

Toko karpet ini menerima kartu kredit Visa dan Master Card
Foto: Peretz Partensky
Toko karpet ini menerima kartu kredit Visa dan Master Card

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Yeyen Rostiyani

Toko cendera mata berderet di hadapan kami. Ada Toko Ali Murah, Toko Sultan Murah, Toko Kamal Murah, dan sejumlah toko lain bernama bahasa Indonesia. Tapi, jangan heran kalau toko-toko itu berada di Corniche Commercial Center di Jeddah, Arab Saudi.

Kadieu! Monggo-monggo, lebet mawon!” kata para pegawai toko. Ya, mereka bahkan menggunakan bahasa daerah Indonesia untuk menarik hati para pembeli yang mayoritas pembeli Indonesia. “Ayo Bu, Pak, masuk!” kata pegawai lain.

Sumini, jamaah haji asal Surabaya yang juga berbelanja di salah satu toko itu. Ia menunjukkan dua kantong plastik hasil buruannya sebelum menuju kasir di toko Sultan Murah. Sumini tak hanya seorang. Masih ada puluhan jamaah haji lain yang kami temui saat itu.

Lokasi ini juga menjadi langganan para pramugari Indonesia. Cut Irma, misalnya, hari itu ia sudah berbelanja hingga Rp 20 juta. Sebagian besar adalah barang-barang pesanan teman-temannya.

Cut Irma saat itu terlihat sibuk memilih-milih karpet. Beberapa barang yang dipilihnya dihamparkan di lantai sambil sibuk tawar-menawar harga dengan si pemilik toko, Kamal.

“Saya beli karpet, ambal (sejenis karpet tipis), dan macam-macam,” kata pramugari asal Aceh ini. Intan juga mengaku menjadi pelanggan di Toko Kamal Murah. “Sebenarnya, toko ini masih baru, tapi enak karena masih sepi,” kata Intan yang juga berprofesi sebagai pramugari.

Menurutnya, harga di toko itu memang cukup bersaing. Untuk parfum asli, misalnya, kadang selisihnya dengan harga di Indonesia sekitar Rp 200 ribu.

Namun, sebaiknya jadwal berbelanja Anda jangan sampai bertabrakan dengan waktu shalat. Toko-toko ini akan segera tutup saat waktu shalat tiba. Atau, Anda dapat memilih untuk tetap berada di dalam toko sampai waktu shalat usai dan toko dibuka kembali.

Pilihan lainnya ada celak mata dan lipstik. Anda mungkin ingat, salah satu lipstik yang terkenal sebagai oleh-oleh jamaah haji adalah lipstik warna hijau yang jika dioles berubah menjadi pink.

Tak hanya barang cendera mata, Anda juga bisa menemukan barang lain, seperti cokelat, aneka kacang, kurma, hingga abaya. Toko Amin Murah, misalnya, mengaku bisa meraih omzet 4.000 hingga 5.000 riyal Saudi.

Oh iya, jika Anda berbelanja banyak, kadang pemilik toko tak segan-segan memberi hadiah, seperti parfum, hiasan kulkas, atau alat kosmetik, seperti pacar kuku.

Kalau lapar, tak perlu cemas. Ada beberapa kios dan restoran bakso tersedia di lokasi ini. Nah, dalam sekejap, Indonesia pun serasa pindah ke Jeddah. Selamat berbelanja.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement