Rabu 30 Oct 2013 22:19 WIB

Jamaah Haji Lombok Barat dan Utara Tiba di Tanah Air

Rep: Amri Amrullah / Red: M Irwan Ariefyanto
  Petugas Garuda Indonesia menyita air zamzam dari barang bawaan jamaah haji Indonesia di fasilitas baggage handling Garuda Indonesia, Jeddah, Selasa (29/10).    (Republika/Yogi Ardhi)
Petugas Garuda Indonesia menyita air zamzam dari barang bawaan jamaah haji Indonesia di fasilitas baggage handling Garuda Indonesia, Jeddah, Selasa (29/10). (Republika/Yogi Ardhi)

REPUBLIKA.CO.ID,PRAYA - Pesawat Garuda yang membawa 325 jamaah haji asal kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Rabu (30/10) dini hari dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi. Ke 325 jamaah haji ini  tergabung dalam kloter 7 embarkasi Lombok.

Kepala Pusat Informasi dan Humas (Kapuspinmas) Kementerian Agama (Kemenag) Zubaidi menyambut kedatangan jamaah haji kloter 7 ini, didampingi Kepala Kanwil Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat (NTB), Usman, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag NTB,  Ma'ad Umar dan Kasie Katering PHU, Edayanti Dasril.

Sesaat setelah kedatangan pesawat di Bandara Internasional Lombok, Praya, Kapuspinmas Kemenag Zubaidi mengucapkan, ''Selamat datang para tamu Allah''. Ia juga mendoakan semoga semua sehat wal afiat serta memperoleh haji yang mabrur.  

Menurut Kakanwil Kemenag  NTB Usman, secara umum proses pemulangan jamaah debarkasi Lombok berjalan lancar, sampai saat ini kloter ke 7 seluruh jamaah tiba di tanah air dengan selamat. "Kecuali dua orang menetap atau wafat di Arab Saudi," kata  Usman.

Ia mengatakan, setelah tiba di bandara internasional Lombok para jamaah haji  langsung di bawa menuju asrama haji di Kota Mataram guna dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan administasi lainnya. Selanjutnya jamaah akan di kirim menggunakan bus ke pendopo Kabupaten masing-masing di Lombok Barat dan Utara.

Mengenai kondisi kesehatan para jemaah haji,  Kabid PHU NTB  Ma'ad Umar  mengatakan, rata-rata kondisi kesehatan para jemaah haji secara umum sehat wal afiat. Meski demikian, ada satu dua orang diantaranya yang mengalami gangguan kesehatan karena faktor usia.

Ma'ad Umar mengatakan, pada musim haji tahun 1434/2013 ini setelah pemotongan kuota 20 persen, NTB memberangkatan 3.594 orang. "Jamaah rata-rata berusia diatas 50 tahun," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement