Senin 25 Aug 2014 07:53 WIB

Masjid Nabawi, Masjid Sang Rasul

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Chairul Akhmad
Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Tommy Tamtomo/ca
Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah SAW setelah Masjid Quba.

Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah tiba di Madinah setelah hijrah dari Makkah pada 622 M. Disebut Masjid Nabawi karena Nabi Muhammad SAW selalu menyebutnya dengan kalimat, “Masjidku”.

Masjid Nabawi juga merupakan tempat ibadah terpenting kedua setelah Masjidil Haram. Jutaan orang berkunjung setiap tahun, menyaksikan makam Nabi, tempat tinggal Nabi, melihat kota lahirnya peradaban Islam yang menjadi agama rahmat bagi seluruh alam.

Lokasi masjid Nabawi dulunya adalah tempat penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin Amr. Rasulullah membeli tanah ini untuk dibangun masjid dan kediaman Beliau.

Selama sembilan tahun di awal pembangunannya, masjid ini tanpa penerangan di malam hari. Hanya di waktu Isya ada sedikit penerangan dengan membakar jerami. Di salah satu sisi masjid dibangun rumah Nabi SAW.

Di sisi lain ada bagian yang digunakan untuk tempat tinggal fakir miskin yang tidak memiliki rumah. Orang-orang ini dikenal sebagai ahlussufah atau para penghuni teras masjid. Masjid Nabawi kini 100 kali lebih besar dibandingkan saat pertama kali dibangun.

Walaupun tak disebutkan dalam Alquran seperti Masjid Quba, Masjid Nabawi memiliki banyak keistimewaan. Dalam sebuah riwayat, Rasul pernah bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih utama daripada shalat seribu kali di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.”

Riwayat lain menyebutkan, “Barang siapa shalat di masjidku 40 waktu tanpa terputus, maka ia pasti selamat dari neraka dan segala siksa dan selamat dari sifat munafik.”

Jamaah tak perlu khawatir akan kepanasan ketika shalat di Masjid Nabawi.  Seluruh ruangannya dingin karena dari 2.554 buah tonggaknya terdapat ventilasi AC yang memancarkan udara sejuk.

Berziarah ke masjid Nabawi ini termasuk ibadah. Penyataan ini sesuai dengan sabda Rasul, “Janganlah kau mementingkan bepergian kecuali kepada tiga masjid, yaitu Masjidil Haram, Masjidku ini (Masjid Nabawi) dan Masjidil Aqsa.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement