Selasa 26 Aug 2014 21:24 WIB

83 Calhaj Barito Utara Periksa Kesehatan

Petugas memeriksa kondisi kesehatan calon jamaah.
Foto: Republika/Yasin Habibi/ca
Petugas memeriksa kondisi kesehatan calon jamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, MUARA TEWEH – Sebanyak 83 jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan setempat.

“Sebanyak 83 jamaah calhaj Barito Utara sedang mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap dua,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara, Tuaini Ismail, seperti dikutip Antara, Selasa (26/8).

Kemenag Barito Utara berharap seluruh jamaah calhaj dapat menjalani seluruh proses pemeriksaan kesehatannya dengan baik sehingga nantinya dapat berangkat ke Tanah Suci dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang satu apa pun.

Untuk jadwal keberangkatan calon haji daerah ini direncanakan pada tanggal 21 September 2014, tergabung dalam kelompok terbang empat bersama sejumlah kabupaten lainnya di Kalteng.

"Calon haji kita akan ditampung di embarkasi antara di Palangka Raya, dan selanjutnya ke Banjarmasin dan bergabung dengan calon jamaah lainnya," kata Tuaini.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Robansyah mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi calon haji daerah ini merupakan pemeriksaan kesehatan tahap dua.

"Pada intinya pemeriksaan ini bagaimana supaya kita memetakan profil kondisi kesehatan calon jamaah haji, sehingga bagi petugas kesehatan yang mendampingi memperoleh gambaran,” kata dia.

Robansyah mengatakan, bukan berarti mengkhususkan atau membeda-bedakan pelayanan, paling tidak mereka yang mempunyai risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau penyakit lainnya, sementara masih ada waktu yang tersisa sehingga penyakit tersebut bisa diobati, dan bisa meningkatkan kesehatannya sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Yang lebih penting lagi pada pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji ini kita berikan vaksinasi untuk para calon jamaah. Dan mudah-mudahan pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji ini berjalan lancar," jelasnya.

Dia juga menghimbau kepada para calon haji Barito Utara agar tetap menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement