Jumat 29 Aug 2014 13:26 WIB

Jamaah Haji Mulai Berdatangan (1)

Jamaah haji melakukan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo/ca
Jamaah haji melakukan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky al Hamzah

 MAKKAH -- Kondisi Masjidil Haram Kamis (28/8) kemarin masih terlihat lengang namun sudah mulai didatangi sejumlah jamaah haji dari sejumlah negara.

Pada pagi itu, ratusan jamaah yang sudah tiba di Masjidil Haram menjalani ibadah Umrah. Jamaah haji Indonesia kloter (kelompok penerbangan) sendiri akan berangkat ke Tanah Suci 1 September 2014 nanti.

 

Sebelum sekitar 168 ribu jamaah haji Indonesia menuju Arab Saudi, Kementerian Agama (Kemenag) sudah memberangkatkan terlebih dahulu 318 petugas ‎haji Indonesia gelombang pertama, pada Rabu (27/8) malam. Mereka langsung menjalani ibadah Umrah pada Kamis (28/8/2014).

Petugas haji yang diberangkatkan lebih awal tersebut akan ditempatkan di Daerah Kerja (Daker) Madinah dan Jeddah. Sementara petugas haji Daker Makkah akan diberangkatkan Ahad lusa (31/8).

 

Para petugas haji, termasuk petugas Media Center Haji (MCH), diberi kesempatan melaksanakan ibadah Umrah lebih dahulu. Rombongan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, sekitar 20-30 orang untuk memudahkan koordinasi dan pengawasan.

Petugas tiba di Masjidil Haram sekitar pukul 07.00 waktu arab Saudi. Suasana Masjidil Haram masih lengang, sehingga leluasa berjalan atau masuk ke dalam masjid menuju Ka'bah. Mayoritas petugas haji Indonesia masuk melui pintu Malk Al Fadh' atau pintu ke-79.

 

Di depan Ka'bah, rombongan petugas kemudian menjalani Umrah, diawali thawaf, sai kemudian tahalul. Proses berlangsung lancar karena jamaah dari negara lain yang juga menjalani umrah belum banyak.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement