Senin 01 Sep 2014 14:14 WIB

Penerbangan Calon Haji Kloter 01 Solo Lancar

Rep: edy setiyoko/ Red: Damanhuri Zuhri
Calon jamaah haji (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Calon jamaah haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Penerbangan Calon jamaah haji (Calhaj) Kloter I dari Embarkasi Solo berjalan mulus. Tercatat 368 orang dari Kabupaten Brebes dilepas Wakil Gubernur Jateng, Heru Sujatmiko, Senin (1/9).

Menurut Khaeruddin, Ketua PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Embarkasi Solo, 368 orang itu terdiri dari 354 Calhaj dari Kabupaten Brebes, tujuh orang TP4H, dua orang TOH/TKHD, dan lima orang petugas Kloter.

Rencana jumlah Calhaj yang hendak diberangkatkan dari Embarkasi Adi Sumarmo Solo sebanyak 26.538 jamaah, 355 petugas Kloter, 193 petugas Daerah (TPHD/TP4H). Mereka diberangkatkan melalui 71 Kloter.

Dari 71 Kloter tersebut, terdiri dari 23.536 jamaah Jateng dan 2.455 jamaah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan,71 TPHI, 71 TPIHI, 71 TKHI (dokter), 142 PKHI (paramedis). Petugas daerah PPHD Jateng 174 orang, 19 orang dari DI Yogyakarta.

Menurut Khaeruddin, perjalanan jamaah terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama Koter 01 hingga 35 dengan rute Embarkasi Solo-Jeddah-Madinah-Makkah-Bandara King Abdul Azis-Debarkasi Solo.

''Untuk gelombang pertama, pulangnya tidak mampir ke hotel transit Jeddah, tetapi dari pemondokan Makkah langsung menuju Bandara King Abdul Azis,'' katanya.

Gelombang kedua Kloter 36 hingga 71 dengan rute Embarkasi-Jeddah-Makkah-Madinah-Jeddah-menginap di hotel transit-Bandara King Abdul Azis-Debarkasi Solo.

Ihwal pemondokan, kata Khoiruddin, ''untuk penyelenggara ibadah haji tahun ini, Embarkasi Solo mendapat pemondokan di Makkah lebih banyak yang jauh daripada yang dekat.''

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement