Selasa 02 Sep 2014 16:17 WIB

Jamaah Indonesia Mulai Padati Masjid Nabawi (2-habis)

Masjid Nabawi
Foto: Republika/Yogi Ardi
Masjid Nabawi

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

Kepada wartawan, jamaah ini mengaku baru sampai di Madinah pada malam tadi dan belum mengenal jalur perjalanan dari pemondokan ke Masjid Nabawi.

Mengantisipasi hal tersebut, sejumlah petugas PPIH Indonesia terlihat siaga di beberapa titik untuk mengarahkan jamaah.

PPIH Indonesia juga telah menyiapkan sektor dan petugas khusus untuk berjaga-jaga di sekitar wilayah Masjid Nabawi. Ini dilakukan untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin terjadi.

Petugas haji ini juga berperan untuk memberi penjelasan tentang segala apapun terkait Masjid Nabawi dan layanan umum jamaah haji.

Sesuai imbauan, jamaah haji berjalan beriringan dengan rombongannya ke Masjid Nabawi. Jarak terjauh pemondokan jamaah haji dari Masjid Nabawi hanya sekitar 650 meter. Semuanya berada di wilayah Markaziyah atau Ring 1 dari area Masjid Nabawi.

Kepala sektor khusus Masjid Nabawi, Henry syafa, memberikan tips agar jamaah tidak tersesat selama di Masjid Nabawi. Untuk antisipasi berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar Masjid Nabawi, seperti tersesat dan masalah lain dalam musim haji tahun ini,

Sektor khusus ini menyarankan jamaah Indonesia agar mengingat jalan yang dilalui, dan memiliki nomor telepon pembimbing atau ketua rombongan.

"Tips ini bagus untuk jamaah Indonesia di Madinah. Kemudian, ingat nomor pintu atau jalan yang akan dilalui di Masjid Nabawi saat akan melakukan ibadah Shalat Arbain, sebab jumlah pintunya sangat banyak," kata Henry menerangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement