Ahad 07 Sep 2014 14:55 WIB

19 Ribu Bus Angkut Jutaan Calhaj

Rep: Zaky al Hamzah/ Red: Indah Wulandari
Bus haji 2014
Bus haji 2014

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH--Penyedia sarana transportasi Arab Saudi untuk haji, Naqoba siap mengangkut jamaah haji tahun ini yang diperkirakan mencapai 1,39 juta orang.

Ke-18 perusahaan busying tergabung dalam Naqoba  tersebut akan menyediakan sekitar 19 ribu unit bus, termasuk 425 armada bus baru yang berharga sekitar 53 juta dolar AS (setara Rp 619, 2 miliar).

“Bus-bus baru ini dilengkapi dengan pendingin udara dan toilet," demikian dilansir laman Kementerian Haji Arab Saudi seperti dikutip Saudi Gazette, Ahad (7/9).

Pemerintah Indonesia sendiri menjalin kerja sama dengan Naqoba di Arab Saudi untuk delapan rute pemberangkatan yang mengangkut jamaah haji selama di Makkah, Madinah, dan Jeddah. Dari delapan rute tersebut, mutu bus di empat rute sudah mengalami peningkatan kualitas.

Keempat rute, ini yakni bus jurusan Makkah ke Jeddah, Makkah ke Madinah, Madinah ke Makkah, dan Madinah ke Jeddah. Bus-bus ini dalam kondisi bagus karena tersedia toilet di dalam bus, ber-AC, dan bagasi tertutup untuk koper di bagian bawah bus.

Sedangkan, kualitas bus untuk jurusan dari Jeddah ke Madinah, Jeddah ke Makkah, Bandara Madinah ke pemondokan di Madinah dan Pemondokan di Madinah ke Bandara Madinah, masih belum bagus alias tanpa toilet, bagasi di atap bus dan posisi duduk berdempetan. Meski sudah ber-AC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement